Wednesday, January 27, 2010

S.D.A.S yang tak lekang dimakan waktu

Bosan sama acara TV yang itu2 aja?
Muak dengan sinetron yang ceritanya Basi??

Anda harus tonton (kembali) yang satu ini:

"SI DOEL ANAK SEKOLAHAN"



Sinetron ini ditayangkan lagi setiap pagi di stasiun TV 'kebonjeruk'. Bagi generasi 90'an akhir mungkin menjadi barang baru,tapi percaya atau enggak,sinetron ini benar2 fenomenal d tahun 90an. Bahkan ketika di tayangkan di bulan puasa waktu itu,banyak yang mengalah untuk tidak sholat tarawih demi mengikuti ceritanya.

Cerita nya sebenarya sederhana,

Sabeni (alm.Benyamin Sueb),seorang sopir oplet ingin mengubah nasib dengan menyekolahkan anaknya,Kasdullah alias Doel (Rano Karno,juga sbg produser dan sutradara) hingga lulus PT. Ia tidak ingin anaknya seperti orang2 betawi yang lain: jadi juragan tanah atau pedagang. Segala cara ia lakukan sampai menjual tanah leluhurnya. Ia rela bersana istrinya,Nurlela(Aminah Cendrakasih)tidak pergi ibadah haji demi gelar sarjana untuk Doel.

nah,bumbu2 nya antara lain:

-Sarah (Cornelia Agatha),mahasiswi antropologi yang menjadikan Doel sebagai bahan skripsi,tapi malah jadi suka sama Doel
-Karyo (alm.Basuki),duda yang suka sama Zaitun alias Atun (Suti Karno),adik Doel,tapi ga disenangi sm Babe Sabeni.
-Zaenab(Maudy Koesnaedi),kalo ga salah pernah jadi pasangan Doel dalam 'kawin gantung' ny. Tapi belakangan keluarganya jadi belagu gt sama keluarga Doel


dan banyak bumbu laen nya(termasuk dari Mandra yg berperan sebagai paman Doel) yang tersaji mulai dari SDAS 1,2,3,4,5,6,sampai 'Si Doel Anak Gedongan'.

(hah,6 seri?)
iya,sinetron ini di bikin sampe 6 seri. Tapi gak pake 'season'2an. Ceritanya juga ga ngebosenin. Kuncinya terletak pada skenario yang sebebas2nya,terutama untuk Babe Sabeni. Skenario tetep ada,tetapi kalo lupa boleh dialog sendiri,asal sesuai sm jalan cerita.

makanya ceritanya tetep eksis dari tahun 1992,sampe di puter berapa kali jg tetep enak di tonton,setidaknya dibandingkan dengan sinetron kacangan yang sekarang penuh d jam tayang utama sekarang ini..

No comments:

Post a Comment