Saturday, September 10, 2011

The 8th LONG ROAD TO JAVA : Run For Our Holiday (2)

-dilanjut-

2. Gondang - Klino - Saradan - Ngawi - Sragen - Solo (Pasar Klewer) - Pedan - Klaten


Setelah 7 hari puasa sinyal di Gondang, akhirnya gw cabut ngulon ke Klaten. Sebelom pulang,tadinya mau foto sekeluarga besar. Tapi,berhubung pada belom bangun,ya udah akhirnya yag di foto cuma mbah gw doang. Rencananya mau direpro 9, jadi setiap anak kebagian..
(si mbah saya)

Start jam 6 pagi,perjalanan mulus-mulus saja sepanjang Gondang sampe Saradan. Masuk jalur selatan,langsung buka puasa sinyal deh. Oh iy, tetep kali ini berburu Sumber Kencono. Kebetulan si Ikbal minta foto SK dengan baju Nucleus 3 wiper gantung. Ya udah ..


(pasukan Sumber Kencono)

Sebenernya target gw kali ini adalah PO Sumber Selamat, adik dari Sumber Kencono (konon,penamaan Sumber Selamat ini adalah balasan dari plesetan masyarakat terhadap Sumber Kencono menjadi Sumber Bencono gara2 sering laka) Tapi ini bis ny susah banget di cari. Kamera udah stand-by, eh nggak nongol2. Sekalinya ketemu,eh bis nya udah didalem Terminal Kertonegoro,Ngawi. Nggak bisa ngambil foto gara-gara kehalang pager.

Lepas Ngawi..masuk Sragen. Kali ini memutar lewat bypass,tapi tetep aja nggak lepas dr macet. Keluar kota Sragen,mampir dulu untuk beli semangka sama labu. Nah pas disini,pas kamera udah dimasukin ke laci dashoard, eh lewat itu Sumber Selamat..buset beneran nggak mau difoto ini..

Sekitar jam 11..akhirnya menyebrang Jembatan Bengawan Solo juga...biasanya jam 12 baru masuk. Nah,pas di tikungan lepas UNS ketemu Bis Tingkat WERKUDORO..tapi karena emang munculnya mendadak,juga karena emang bukan target buruan,ya terpaksa dilewatkan. Abis itu langsung ketemu sm Om Titus di Pasar Klewer sekaligus nyari koleksi batik di lapak temen nyokap. Pengen sih cari gantungan2 kunci gt, cuma sayang nya pernak-pernik yang dijual sama kayak di Malioboro. Gw akhirnya beli Kaos gambar wayang aj,yang penting Solo,kan kaos Jogja udah punya, cuma kaos KLATEN aja yang belom ada.. :-D

Klewer sudah..waktunya ngetan ke arah Pedan. Ternyata bokap aja udah lupa jalan dari Solo ke Pedan lewat Pajang. Oom gw naik motor juga agak jauh jarak nya. Jam 1 kurang 15 akhirnya sampe di tempat Mbah Misdi di Pedan. Sowan..halal bi halal..cabut ngulon ke Klaten buat nyekar ke makam si Mbah di merbung,Klaten. Lalu ke krapyak,terus ke tempat Mbah Noe untuk silaturahmi ke Mbah Sri..sekaligus nongkrongin sinyal muka nya stasiun Klaten..hehe.


(Perusahaan Otobus 'Sedya Utama" Wonogiri -Solo-Jogja p/p)

(KA Madiun Jaya Express Madiun - Solo - Jogja p/p)

Gw kirain lamaan,ternyata nggak sampe sejam. Yaudah langsung cabut cari hotel di sekitaran Kantor Pos Klaten. Pilihan pertama sebenernya adalah di Hotel Perdana Raya. Namun ternyata cuma tinggal sisa satu kamar. Atas rekomendasi dari pengelola..kita pindah ke Hotel Ayodya yang ternyata adalah Hotel milik SMKN 3 Klaten. Ternyata salah satu program pemerintah dalam peningkatan mutu SMK adalah pembukaan hotel-hotel di SMKN di kota-kota di daerah yang tergabung dalam jaringan edOTEL (mungkin Education-Hotel?). Nggak cuma di Klaten, di daerah Proliman Kalasan aja juga ada hotel tersebut. Mungkin sekalian sebagai sarana praktek anak-anak SMK Pariwisata. Hotel Ayodya ini tempatnya jadi satu komplek dengan SMKN 3,kata bokap duli namanya SMKK, dan tanah yang sekarang hotel itu dulunya ST. Harga kamar nya yang standar 200rb an. Tapi pas kita liat ruangan nya...deuhbuset..belom di cek kamar mandi nya,langsung Bokap bilang "ya udah..ambil 2 kamar". Gimana nggak? interior sama fasilitas nya nggak kalah sama hotel bintang 4..

Setelah mandi dan ganti baju,waktunya cari makan. Abis Om Titus dateng kita cari makan. Tadi pas dari Hotel Perdana ke Hotel Ayodya,kita ngelewatin satu rumah makan yang rame banget. Kata bokap disitu dulunya ada orang jualan soto. Nah pas kita ke sana..sebenernya jalan kaki bisa,cuma takut habis. Jaraknya juga deket,sayang jalan nya satu arah. Pas sampe,gw jalan duluan ke warung nya. Nah pas liat nama warung nya..kok Bakso?? Eh nggak taunya warung yang dimaksud bokap adalah warung berdinding warna biru di sebelah nya. Nama warung makan nya tertulis besar2 :


WARUNG MAKAN SOP AYAM PAK SLAMET

Sop Ayam...sebentar. Definisi Sop di Indonesia adalah sayur berkuah bening berisi kubis,wortel,buncis,tomat,serta daging. Pas masuk,pelayannya cuma nanya apakah pake daging paha,kepala ayam,kulit atau daging semua. Kakak gw doang yang pesen pake kulit.


Nah pas pesenan nya dateng..

lho kok...sop nya...?

Ternyata sop ayam di Klaten itu adalah SOTO AYAM yang berisikan suwiran daging Ayam dengan Kaldu rempah yang bertaburan bawang goreng dan seledri. titik. tanpa kol+tauge+soun. Pas gw sruput kuah nya....wuanjir. Kaldu ny nendang banget. Nggak terasa gw makan lahap banget ampe abis 2 setengah mangkok nasi (disini nasi maupun sop nya,disajikan dengan mangkok Jago,bukan mangkok soto kudus) gara-gara kaldunya yang paten. Puuas banget gw. Gw jamin lo semua pasti nggak nyesel makan di situ. Wajib kesana,strategis diantara 2 hotel. Letak pastinya di Jalan Wijaya Kusuma,sebelah gedung Sierad. Warung nya pake Spanduk warna kuning gede dengan tulisan warna merah,kayak warung masakan betawi "Bang Kumis". Jajal deh..nggak bakal nyesel (promosi dikit wkwk),apalagi harganya murah banget. Emang nggak keliatan daftar harganya. Tapi bayangin aja : 6 porsi sop ayam + 7 nasi + 2 jeruk hangat + 2 es teh + 3 teh anget + 10 tahu-tempe + 3 kerupuk cuma abis 77500..80000 aja kembali...ckck. Kata Bokap sih,dulu warung ini cuma gerobak di pinggir jalan, tiap pagi banyak orang pada nongkrong untuk sarapan disana. Sekarang udah jadi warung,malah di belakang masih ada bangku dan meja yang lebih gede. Jadi inget Warteg Gewart Dago di jakarta..ditambahin meja kursi juga diluar. Apalagi pelayan ny pada pake seragam,bukti warung makan ini bukan warung makan kemaren sore..

abis itu kekenyangan..kembali ke hotel,ng-charge HP + sms-an..(masih buka puasa) trus tidur karena besok pagi sudah harus "lari" lagi,soalnya arus mobil ke arah barat di kota Klaten juga udah padat..


-berlanjut-

No comments:

Post a Comment