Wednesday, September 15, 2010

The 5th LONG ROAD TO JAVA : Turn Around the Route (1)

SaVoy TrufFLe.inc
presents


based on true events

YoBood's
LONG ROAD TO JAVA

#5
 Turn Around The Route 
September 7th-14th 2010

Kembali ke serial L.R.T.J
Untuk Seri Ke-5 ini tidak seperti seri sebelumnya,karena ada 3 rute yang ditempuh:

1. Jakarta-Bekasi-Subang-Cikamurang-Pejagan-Tegal-Pekalongan-Semarang-Purwodadi-Blora-Bojonegoro

2. Bojonegoro-Saradan-Ngawi-Sragen-Solo-Klaten-Kalasan-Klaten

3. Klaten-Jogjakarta-Srandakan-Ambal-Kebumen-Buntu-Rawalo-Purwokerto-Bumiayu-Prupuk-Bulakamba-Pejagan-Cirebon-Jakarta

memang,karena sesuai dengan judulnya: Turn Around The Route,ya untuk tahun ini agak muter-muter. Yang penting tetep jalan,karena masih rada-rada parno di Seri sebelumnya lewat jalur yang biasa tapi malah gak bisa gerak sama sekali.

OK,dimulai:

1.Jakarta-Bekasi-Subang-Majalengka-Pejagan-Tegal-Pekalongan-Semarang-Purwodadi-Blora-Bojonegoro

Sebenernya ini diluar rencana,karena kita biasanya jalan pas tengah malem,eh ngedadak liat diberita kalau hari itu (7/9) adalah puncak arus mudik,maka jadwal keberangkatan dimajukan menjadi pukul 9 malam.
Begitu melintas diatas FO Pekayon..wuiihh..Tol arah cikampek padet,ya udah Bokap milih lewat jalur biasa. Konsekuensinya: G musti nahan napas setiap ngeliat barisan roda dua membabi buta memenuhi jalan seakan-akan dia yang ngangkutin aspal buat jalanan nya,atau setidaknya membiayai jalan itu dengan membayar pajak untuk orang satu kabupaten..(atau setidaknya ikut mengutip 5000 perak per mobil proyek pembangunan jalan itu)..hhh

Motor mulai menyemut..sampai Tambun. Pas di lampu merah Cibitung,Gw nyerah dan minta ke Bokap untuk masuk TOL,karena gak kuat lagi pas ngelihat ratusan motor menyerbu masuk dari arah Kali Malang. Masuk Tol Cikampek,eh ternyata macet nya tadi gara-gara proyek gerbang tol Cikarang doang...aman deh.

Pilihan dihadapkan ke G saat di persimpangan arah Cikampek dan Padalarang,sebelum keluar Kalihurip-Dawuan. Dasar G ny yang udah BT sama Pantura,G bilang ke bokap untuk lewat Sadang-Subang-Cikamurang aja. Menjelang Rest-Area,eh malah macet. Setelah berhenti di Rest-Area juga ga berubah. Jam setengah 2 akhirnya G bisa keluar dari Tol Sadang. G kirain gara2 jalur tengah macet juga. Ga taunya..

LANCARR..!!

Jalur tengah ternyata cukup lancar,karena semua roda-2 melintas melalui Pantura. Ditambah dengan intensitas lalu lintas dari Subang-Sadang yang sepi,seperti jalur satu arah. Praktis lancar,kecuali sempat tersendat agak lama di Pasar Kalijati. Subang terlewat,ternyata jalanan nya udah diperbaiki,jadi hanya tertahan di sebelum daerah Tomo,karena ada pertigaan menuju jalur Cirebon-Bandung.


Lepas Tomo,macet karena pasar prapatan,tapi G salut. Walaupun jalan nya tak selebar Pantura,pasar nya tak sebesar Tegal Gubuk ,polisi yang ngatur banyak banget. Malah dibantuin Satpol PP,Dishub,sama ada beberapa Tentara dari Kodim kayak nya. Salut.



Atas-Bawah: TNI,Dishub,Polisi

Lepas dari sana,lancar..sampe Tol Plumbon. Lancar jaya di jalan tol,sampai sempat tersendat di keluar Pejagan.Nah,disini ingatan G kembali ke 2 tahun lalu,saat Polisi setempat dengan seenaknya membuang Gw dari jalur utama ke jalan kampung tanpa ada panduan. Di pertigaan Pejagan,G dibuang ke Jalur Selatan,ke arah Prupuk. Alesan ny Pantura macet.  Padahal jelas-jelas G pengen ke Pekalongan dulu. Udah sampe SPBU,naluri memberontak. Balik arah aja. Biarin dah macet2 asal nggak di jalan kampung. Balik arah ke Pantura,sempet ngadat sih di Palang Kereta Pejagan. Eh,macet ny gak taunya disitu doang,Pantura cuma ramai lancar doang. Jiaaa...Polisi mw ngibulin G lagi..?? gak mempan..

Gw 1 - 0 Polisi Pantura

Lanjut,
Jalan lagi,sampai akhirnya istirahat di SPBU 67 Toilet,Tegal tepat pukul 11.30. Setelah ngisi bensin+bolak-balik ke WC+makan soto+dinginin mesin,jalan lagi. Baru sampai Pemalang,eh di telepon Bulik di Pekalongan disuruh mampir. Ya udah,mampir dulu,Bokap tiduran 1 jam,G ngisi perut lagi..haha. Jam 3 Jalan lagi masuk Alas Roban. Yang pasti nya khas disini adalah para 'penghuni Alas Roban' di turunan jalan lama,dimana mereka memakai penutup muka berwarna hitam+caping,yang kerjaan nya adalah memungut (atau meminta?) uang receh dari setiap pelintas jalan turunan Alas Roban.


Manusia Topeng AlasRoban (Recehantrophus topenginesis.sp)

3 jam kemudian masuk Kota Semarang,Bokap bilang kalo misalnya masih memungkinkan,perjalanan diteruskan karena sudah 21 jam perjalanan dari Jakarta G baru masuk Kota Semarang! Terus jalan,sampe pertigaan Godong menjelang Purwodadi. Setelah nanya Polisi,disarankan untuk lewat Blora,karena sangat tidak dianjurkan lewat Kuwu. Berhenti makan gak jauh dari situ,lagi2 naluri G benar,karena ternyata sate kambing nya enak. Lucu nya,pas berhenti ternyata dibelakang melintas beberapa mobil dan bis yang ternyata beriringan dari Pejagan,bahkan dari Cikampek. Perjalanan dilanjut sampai di Purwodadi. Bokap akhirnya mutusin untuk nginep dulu di hotel di Gerbang Kota Purwodadi. Beneran,hotelnya pas disamping gerbang masuk nya. Istirahat di dalem kamar,dan G baru nyadar..24 jam perjalanan G baru sampe Purwodadi!!
ckckck

-tidur-

Jam 4 pagi check out,terus jalan lagi.

Melintas di jalur Purwodadi-Blora yang benar-benar hijau,apalagi lewat nya pas pagi-pagi. Lepas Kota Blora langsung meluncur di jalur Blora-Cepu yang membelah kawasan Perhutani,tepat nya kawasan Hutan Jati. Enak sih jalan nya,dibeberapa tempat memang banyak jalan yang bergelombang,tapi cuma dikit banget.





1 jam kemudian masuk Kota Bojonegoro. Lancar Jaya..apalagi jalanan ny lagi lagi nembus hutan jati. Kenapa hutan jati terus? karena sepanjang Blora-Bojonegoro terbentang bukit kapur yang tentunya,menjadi hutan jati.




Satu jam kemudian,sampe di Gondang. Ternyata,disana lagi dibangun jembatan. Padahal udah lama banget di desa itu ga ada jembatan,bahkan kalo hujan aja semua kendaraan kalo bisa diungsikan ke kantor desa seberang karena gak ada jembatan diatas kali itu.



Dan mau tau jam berapa G nyampe di sono??

tepat jam 9 Pagi tanggal 9 September 2010.

artinya,
perjalanan ditempuh selama 36 jam!!
gapapa dah,yang penting gak diem di jalan kayak 2 tahun lalu..

....
....
-berlanjut-

No comments:

Post a Comment