Thursday, August 25, 2011

The 7th LONG ROAD TO JAVA : The Rhino's Adventure




SaVoy TrufFLe.inc
presents


based on true events

YoBood's
LONG ROAD TO JAVA

#7
The Rhino's Adventure 
feat Le'Rhonoceros Handicapees

August 10th-14th 2011




Heeeeyyy..

LRTJ kembali lagi dalam musim ke 7. Kali ini gw ditemenin sm anak2 Le 'Rhinoceros Handicapees atau dalam bahasa setempat berarti "Badak-Badak Cacat".(??)

berawal dari postingan tentang LRTJ Musim ke 6, ngedadak temen2 gw minta supaya kita ngadain suatu trip ke Jogja. Dalam kurun waktu 6 bulan,setelah terkumpul uang, akhirnya kita kesampaian juga untuk berpetualang ke Jogja

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

10082011

Rombongan kali ini terdiri dari Gw (yobood),Vega+Atep,Rora,Mita,Aster+Jigonx,Silvi...dan harus ny ada si Jamal alias 'Papih' yang lagi-lagi mentok dimasalah perijinan. Padahal udah ikutan pesen tiket...plus bayar kontan, terpaksa gw balikin ke loket dan dipotong 25%.


Setelah dikasih 'rules' oleh orang tua ny Aster,plus ketemu sm Ibu ny Silvi yg ikut nganter sampe (depan nya) Stasiun Senen, masuk deh kita ke dalem, dengan tetep menjaga panjang nya 8 rangkaian tiket tanpa dilepas2..ampe ngakak pas mbak2 portir ny kaga bisa ngelipet tiket nya lagi..


Jam 7 masuk peron PSE yang selebar-lebar nya itu..lgsg buka lapak..mumpung si Vega bawa nasi satu mejikjer..wkwk. Abis makan,ngantuk2an..baru kemudian jam 9 malem dateng itu Rangkaian KA Progo,dengan lokomotif penarik CC 204 05..tapi longhood. Nggak apa2 dah,yang penting CC 204 batch 1. Dapet di rangkaian ke2 dari 8 rangkaian, dengan nomor K3-0 94 29. Jadi malam itu transformasi nya : CC 204 05 LH + 4K3 + KMP3 + 4K3 + Bagasi retrofit K2. Gw di posisi 10 A,dari total kursi 9 A-E dan 10 A-C. Posisi kursi 9 D-E yang emang cuma 2 diperuntukkan buat Aster selaku tuan rumah disana..haha


Baru kereta berjalan sampe daerah Cikarang, eh udah ditakol aj tu kereta sm .... aa...ape ye? demit kali ye? kalo orang waras jg geblek amat kereta di timpukin (dan abis ini gw pasti diprotes sm para demit kan gara-gara nyatut nama mereka...). Perjalanan yang membosankan akhirnya berakhir ketika KA sampai di CN. Lepas CN,gw malah ketiduran dan untung nya pas bangun KA nya udah meliuk2 masuk PWT. Sayang di PWT si Dandy kg bisa nyegat gw di stasiun,soalnya itu anak ada ujian pagi-pagi...
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
11082011


Setelah kurang lebih 10 jam perjalanan,ditambah dengan aksi "wer-ewer" yang tangan nya belanja ke paha ny Atep..(wkwk),akhirnya Badak2 merapat ke  Lempuyangan. Sempet-sempetnya sambil nunggu dijemput sm Oom nya Aster, beberapa ada yang ngambil foto..termasuk gw. Biar bukti kalo gw beneran ud sampe Jogja. pas lagi duduk-duduk disamperin sm Bapak2 Taksi. Pas gw bilang mw pesen tiket dulu,dibilangin kalo kereta ke Jakarta itu bisa dipesan maksimal 2 hari sebelum perjalanan, nggak kayak di Jakarta yang maksimal 7 hari. Belakangan gw baru tahu bahwa itu adalah kebijakan yang diambil oleh Daop VI YK karena penumpang Progo yang membludak. Tapi itu belum seberapa dibandingkan dengan kebijakan Daop V PWT. Dimana KA Ekonomi tidak diberlakukan pemesenan..harus beli Hari-H dan penjualan dibuka pada pukul setengah 4 sore..ckck


Balik lagi ke LPN


15 menit kemudian Badak2 di bawa oleh Oom nya Aster menuju ke rumah beliau. Ternyata kami di bawa ke daerah Wijilan,persis di sebelah Keraton. (Bagi yang doyan sm gudeg,pasti tau daerah seperti apa itu Wijilan). Sampe di dalem, ramah tamah dulu sesaat dengan tuan rumah,abis itu cuci kaki dan...tidur sampe jam 2.


Baru jam 3 sore petualangan pertama di mulai. Setelah panas-panasan di alun-alun utara sebentar, akhirnya berlanjut ke taman sari. Dengan dipandu oleh..guide lokal,dibawa deh tuh muter2 taman sari yang ternyata udah  jadi kampung..agak diluar ekspektasi juga sih. Kok malah jadi kampung yg rada ruwet..







Terus berlanjut..mau ny ke alun-alun selatan. Cuma gara2 males nanya, ujung2 nya malah nyasar..balik lagi ke alun2 utara. Start lagi dari Alun-alun utara pas maghrib, setengah jam kemudian sampe di alun-alun selatan dan langsung ngangkring..









Setelah leha-leha dan memanjakan mata dan mulut dengan nasi kucing, sate usus, sate telor, bacem kepala ayam, teh manis, wedang ronde, es tebu, susu jahe, tempura,..apa lagi ye..? banyak pokok ny. namanya juga laper mata :-D .. akhirnya keputusan bulat diambil : menjajal beringin kembar..







waktu menunjukan sudah malam ikan bobo..eh sudah jam 9 malem ketika badak2 ketemu temen2 ny Silvi di alun2. Pas pulang sempet dapet bonus es krim coklat dari Rora..haha. Jalan yang sama kembali ditempuh dan sampe ke Wijilan jam 10 malem. Ganti baju..dan 'storing' buat perjalanan hari ke 2..





--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
12082011


Rencana awal..hari ini badak2 akan main ke pantai..cuma karena terhadang transportasi, akhirnya diputuskan langsung ke BonBin Gembira Loka. Tapi sebelumnya mau pesan tiket PROGO dulu buat pulang hari minggu. Dan sesuai dengan konteks Jalan-jalan,maka Wijilan-Lempuyangan ditempuh dengan jalan kaki. Tadinya pas di Jembatan Sayidan mau foto2,tapi keburu penuh sama anak2 SMP BOPKRI yang duluan keluar..







Sampe di Lempuyangan,pesen tiket..terus browsing halte Trans Jogja terdekat. Akhirnya jalan jauh muter2 ke Halte SMPN...5 kalo nggak salah,pokoknya deket Stadion Kridosono. Terus naik rute 2A sampe Gembira Loka..muter2 lewar Mandala Krida dan Among Rogo.

Sampe sana langsung ngacir..dengan tiket sebesar 12rebu (katanya lebih mahal dari Ragunan yang cuma berapa tuh...selembar gambar Tuanku Imam Bonjol) langsung memulai penjelajahan ke "rumah"..wkwk
















Nggak rugi dah bayar lebih mahal dari yang ada di Jakarta juga. Puas muter2 ampe mau tutup..langsung cabut ke Malioboro. Si Jigonx pengen bgt nyobain Kopi Joss. Setelah sambung menyambung Trans Jogja, turun di Halte pertama yg deket hotel Garuda. Setelah kontak si Loren (sorry bro nggak mampir..bw rombongan satwa2 dilindungi soalnya..wkwk), ternyata lokasi lapak Kopi Joss nggak jauh dari Stasiun Tugu. Langsung ngibrit ke sana...dan pesen kopi joss 2 gelas tanggung buat gw sm Jigonx, sisanya pd susu jahe, dan nggak lupa ngambil nasi kucing 2 bungkus..sambil ngelongok ke arah stasiun tugu kalo PJL tugu bunyi sirene ny..(tetep naluri anak yg kecil ny betah di rel kereta)







Terus lanjut jalan2 malem sepanjang Malioboro..sambil survey sekilas kira2 besok apaan aja yang bakal dibeli. Si Aster tau2 nongol bawa2 peta wisata dari Mirota Batik...mayan buat besok. Sampe titik nol, berhenti dulu buat foto2 sebentar...kayak anak-anak lain,cuma ya itu...entah anak2 Jogja atau bukan (kayaknya sih bukan) masa duduk ny di atas taman..sampe tanaman ny rebah..nggak tau adat..ckck















udah jam 8an..biar nggak diomelin, langsung cabut lewat alun2 utara..dan ternyata si Rora masih nyari Sate Kere. sayang yg jualan udah pulang..nggak jadi deh..wkwk


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


13082011







Agenda untuk perjalanan hari ini agak nyantai...nggak pagi2 kayak kemaren. Jadi kita keluar jam 12 (buset..tengah hari) dari wijilan..terus menuju titik nol. Hari ini khusus belanja di Malioboro. Tapi pemanasan pertama kita ke Benteng Vredeburg. Dengan tiket Rp 2000,kita masuk ke sana..sayang diorama 1 ruangan nya gelap banget,jd dimulai dr diorama 2. Abis itu seperti biasa...foto2..




-foto-


Jigonx ijin bentar mau ketemu Tante ny yang di Timoho. Dia ketemuan di Malioboro Mall. Eh ternyata setengah jam kemudian di Sms kalo kita juga disuruh kesana. Dan ternyata kita di jamu di McD (ya..kemana pun anda berada...tetep ada restoran ayam goreng itu) bareng Tante dan Oom nya..yang sayang nya Oom nya Jigonx nggak bisa lama2.
Setelah makan siang,dilanjut dengan belanja. Si Jigonx mw cari daster buat "Mak Gendut" ny..tapi berhubung anak2 pada nggak betah dibawa ke toko..akhirnya kita pamit buat belanja sendiri di sepanjang MLB. Lama gw liat-liat kiri kanan,akhirnya belanjaan pertama dapet : kaos bergambar tugu dengan corak coklat agak2 tie-die gt. Mayan..bandrol 50k dijual setengah harga..embat aja..eh,beli aja.

Trus pas udah sampe ujung..deket PJL Tugu,pandangan berhenti sejenak..naluri anak kereta berkata ada KA lewat..dan KA Barang melaju daro arah barat ke timur...



tapi..


kok berhenti di tengah jalan...


lho..Pak Polisi kenapa lari2..?? kenapa Orang2 pada berkerumun??


Wah..ada kejadian neeh


Langsung ngibrit ke PJL..ternyata ada Gali yang ketabrak dan masuk ke kolong gerbong tiga. Kata orang2 itu Gali lagi mabok dan jalan di rel. Untung cuma masuk dan molos ke kolong cow hanger lokomotif CC 201. Nggak berdarah-darah deh.


Lanjut...balik lagi ke MLB..dan gw nyangkut di lapak tukang gantungan. Dapet gantungan tugu..5rb dapet 2. Sengaja gw beli 2,yg satu buat gw,satu lagi buat *sensor* (nomer pin..wkwk). Udah agak malem,Tante ny Jigonx pulang..acara dilanjut lagi ke Mirota..kali ini acaranya si Aster untuk nyari batik. Terus anak-anak yang lain nyusul entah kemana..tau2 udah di Mirota aja. Si Atep mw nyari Lurik nggak jadi,karena alasan yang sama kayak gw waktu ngebatalin nyari lurik : Mau Dipake Kemana itu Lurik??


Pas lagi nongkrong depan Mirota..eh ada lapak kaos Gareng..cari2 sablon yang bagus..dapet corak "Jogja Freedom" dengan taburan siluet becak,andong,onthel,dan kawan2nya. 30rb tebusan nya..mayan


Abis itu langsung pulang,tapi muter lewat Taman Pintar sekaligus Gereja St Fransiskus Xaverius yang besok bakal kita kunjungin buat misa..








--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
14082011


Hari ini kita pua..... bntar,knapa jd iklan mie instan gini..?


Hari ini hari terakhir pelarian badak-badak L'RH ke Jogja. Jadi di hari minggu di Jogja yang cerah (dan emang seumur-umur blm pernah ngerasain ujan-ujanan di jogja). Hari ini diawali dengan ikut misa di Gereja St Fransiskus Xaverius Loji Wetan..minus Silvi yang langsung ke Cawas,Klaten. Abis misa, kita kembali ke Malioboro, tepatnya ke Pasar Beringharjo. Soal nya Badak2 Betina pd mw cari dress batik gt..sekalian beli oleh2 doang. Si Jigonx ampe borong Lanting 4 bungkus, tapi udahan nya dia bingung soal nya nggak muat di tas...wkwk. Gw cuma beli jenang sm krasikan 2 bungkus,biar muat di tas.









Lepas BeringHarjo..eh nemu Sate Kere.. Girang dah si Rora. Sambil nungguin sate ny mateng,pikir2 enak juga nih. Si Rora sm Mita beli 10rb, Gw beli 5rb, dapet 2 Sate..gajih apa lemak gt dh @1500 ,sama sate sapi nya 1 @2000. Pas pada ke Mirota lagi..gw buka aja itu bungkusan.Satu-satunya alasan Gw buka itu bungkusan di jalanan adalah..kota ini memiliki rasa toleransi yang tinggi. Jadi walaupun lagi bulan puasa,ya semua berjalan normal. Yang puasa ya puasa..yang nggak ya nggak..







Balik ke Kere nya..pas gw buka dan gw makan,si Jigonx minta..dan udahan ny itu sate disisain lagi ke gw,gara2 yang dia ambil itu sate daging nya..bukan sate lemak ny..wkwk


Pulang balik ke Wijilan,lgsg packing sm tidur bentaran..biar di kereta kg langsung Pel-Lor. Setelah packing plus tidur,jam 2 kita pamit sm Bulik ny Aster yg kebetulan juga mau pergi. Jadi kita di drop dulu sm Oom nya Aster ke LPN (Lempuyangan). Setelah itu langsung masuk ke emplasemen. Baru masuk emplasemen,ternyata KA Feeder Progo jurusan Klaten baru jalan. Daripada bengong2, langsung pinjem kamera nya Jigonx. Jepret sama-sini..










Setengah 5 sore,Feeder PROGO nya udah balik lagi buat disambung ke Rangkaian PROGO. Hari ini PROGO ditarik CC 201 55 nya Dipo Induk Purwokerto (PWT), sementara Gw dapet di K3-5, yang diisi K3-00501. Sempet bete juga. Pertama,yang narik bukan si Loko keramat alias "Si Bader" CC 201 45. Kedua, bangku nya nggak hadep-hadepan. Jadi kita duduknya misah. Gw bertiga bareng Rora sm Mita di Kursi 20 A-C. Sisanya para kopel di 20 dan 21 D-E. Di Kursi 19 A-C diisi 3 mas-mas yang tujuan nya  Jatinegara sm Pasar Senen..kayaknya para pekerja PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad)


Jam 16.45, PROGO 155 berangkat ke Jakarta. Selama perjalanan LPN-Kutoarjo, Gw nyari2 tukang Nasi Ayam yang direkomendasiin di forum Semboyan35.Sampe Stasiun Wates belom ketemu juga bapak2 yang jualan,eh menjelang Wojo lewat itu bapak2 Nasi Ayam,disetopin sm Mas2 depan gw. Harganya Rp 7000, dan bener2 masih anget di tangan. Tapi ya nggak gw buka saat itu juga. Nunggu beduk..


Pas jelang stasiun Jenar,ternyata udah Maghrib. Belakang gw juga udah buka nasi. Ya udah gw buka nasi gw yang isinya ternyataa.. nasi + paha ayam goreng ukuran sejengkal panjang ny + oseng2 kacang panjang. Pas gw buka mas2 di depan gw lagi ke WC. Pas santapan pertama, itu mas2 balik lagi dengan muka dan tangan yang basah, lalu duduk tenang, dan.....Sholat Maghrib. Waduh, bijimane urusan nya ini,Gw makan di depan orang sholat?? y udah..gw duduk ny miring..pas udahan,itu mas nya sempet2 ny nawarin tahu bulet yg dia beli. Gw bilang aja sekalian "maap mas..tadi saya duluan"..jd tengsin dh.


Setelah itu keadaan kereta berjalan normal...sampai muncul suara ecrekan khas...yang membuat Jigonx lgsg meringkuk di belakang Aster..


yup,artis PROGO, miss "wer ewer ewer" dateng lagi...wkwk. Jigonx yang pas berangkat selamat karena dia tidur pules, kali ini nggak bisa ngindarin "towelan" nya wer-ewer. Dan sukses bikin Badak2 Ngakak parah seketika. Dah gitu si Atep tetep dicawil sm itu Miss ewer-ewer..wkwk






Lepas insiden wer-ewer, semua pd sibuk dengan urusan nya masing2,termasuk gw yang sms-an plus laporan sm temen RF gw soal posisi 155. Dan disinilah gw baru ngerasain yang namanya naik PROGO,KA Ekonomi yang paling laris sekaligus penuh, ampe bingung posisi tidurnya gimana. Pules-pulesnya tidur malah di stasiun Kretek sampe Cirebon. Pas Di Cirebon ada bapak2 yang nebeng alias kambing..pake kursi lipet pula. Bikin susah tidur..kampyang!


Dan entah kenapa gw bisa merem dengan terpaksa..dan lagi-lagi dibangunin oleh asongan yang teriak2 "Cikampek..persiapan", padahal kereta baru masuk Pabuaran..2 stasiun lagi sebelum Cikampek. Gw cm ngucek2 mata .. terus ngambil catetan buat nyatet waktu sm stasiun..supaya ngecek apakah PROGO telat atau nggak,disesuaikan sm Gapeka. Nah,ngeliat gw nyatet-nyatet di Cikampek,pas lewat Dawuan si Bapak2 berkursi lipat sok-sok'an akrab ngasih tw kalo kereta melintas Dawuan. Bodo amat,sori..nggak paham gw sm bahasa Kambing..


Setelah ngantuk2an..akhirnya pukul 2.51 masuk sepur 1 PSE. Turun dari sana langsung ke ruang tunggu. Atep langsung balik dijemput di Senen. Mita bareng Jigonx+Aster nungguin patas. Gw sm Vega+Rora nungguin Kereta ke Bekasi. Sebenernya td berhenti di Bekasi,cuma kalo Gw turun,ntar anak2 pada bingung di senen. Ternyata yang paling pagi itu adanya "Fajar Utama Karawang" allias Rangkaian penumpang yang dijalanin jam 5 ke Karawang. Berhubung loket belum buka,akhirnya bayar 2x3rb buat portir sm kondekturnya. Sampe BKS jam 6 kurang,terus pisah dah. Sampe rumah...jam 7.15. Sama persis kayak waktu Gw sampe di LPN






kelar deh penjelajahan LRTJ ke 7


dan kini bersiap2 kembali untuk LRTJ ke 8..

No comments:

Post a Comment