Wednesday, November 25, 2009

Sebuah Teka-Teki yang terungkap lewat lirik klasik

Halo semua…!!

Update lagi ah…

Gara-gara dengerin lagu Koes Plus yang berjudul ‘Bergembira’ –ini lagu emang jarang diputer. Radio yang sering memutar lagu Indonesia pun belum tentu punya- , G jadi inget cerita yang aneh,ngeselin,sekaligus rada kocak.

Begini, di perpustakaan kampus G di lantai 4 tuh kan disediakan layanan internet gratis untuk para mahasiswa, dengan kuota 1 jam/orang/hari. Nah,G ber..bentar..,G,Boloong,Kikil,Zickardo,Abily,HeWan (nama diubah untuk keperluan keamanan)..ber 6 lah,sering banget manfaatin tu fasilitas buat ber-PF ria. Tapi..

(oi,ngapain lo pada maenan ‘antena’?)

Tu kan..belom kelar ngomong…. PF itu ‘Premier Football’, sebuah permainan manajerial tentang sepakbola di FB (advertorial neh,musti dibayar G buat kalimat pendek itu.. J ),dan G yang ‘meracuni’ mereka tentang mainan itu..(soal ‘racun-meracun,nanti akan dibahas).

Mendengar kalo perpus’ bisa OL gratis, pas pertama kali G ber6 nyoba. Dan ternyata mendapat sambutan yang kurang simpatik dari sana. Mulai dari salah satu OP yang jutek -I think- dan juga kenyataan bahwa beberapa PC ga bisa ngakses FB secara langsung. Mungkin si OP ini bĂȘte juga kali ye,ngeliat ‘cecunguk-cecunguk’ dengan tampang yang ‘average’ masuk ruang library-net cm buat FB-an,apalagi maen. Tapi,hey..bukan cuma kita doang kali yang FB-an. Semua orang pada kecanduan FB (bagi yg punya akun nya), dan mereka juga pada nyambi FB an sekaligus nyari data. Lagipula, itu kan hak ny mahasiswa untuk menggunakan kesempatan OL gratis sejam,secara kasarnya begitu. Dan parahny lagi…si Kikil pernah ngeliat sang OP itu sedang OL d PC yang paling dekat dengan mejany dan sedang…ber-F**MV***E !!

Itulah yang membuat G untuk pulang daripada ikut OL d perpus. Tapi hari itu G ikut juga,dan..PC yang G dapet ga bisa buat FB-an, Log In via Google juga ga bisa.Sial…. Akhirny G dengan BT Cuma ngecek email doang. Dan muncul ide untuk nyari lirik lagu Koes Plus yang judulny ‘Bergembira’. G Cuma inget reff ny doank. Akhirnya G tulis di Google: ‘bergembira bernyanyi bersama jangan lupa kepada saya’.

Begitu di-enter,muncul beberapa rujukan, dan G langsung mencet yang paling atas. Dan G baru sadar, itu adalah link akun ‘JIWA NUSANTARA’ (KoesPlus fanclub) di FB yang kebetulan ada yang nulis tu lirik di wall ny. G Log in lewat situ,….dan BISA!! G langsung maen PF dan MW,trus nyamperin si Abily d depan G yang ga bisa OL juga. Dia lagi ngeliat situs tentang ‘cara menjebol blokiran FB’. G kasih aja tu kata sandi daripada kelamaan..dan bisa juga. Tapi ada kelemahannya juga,tetep ga buka Home sama Profile. Bodo amat dah,yang penting G bisa maen..

Pas keluar,tu OP mandangin kita juga dengan pandangan ‘cecunguk2’. Tapi G sm yang laen ketawa2 dan tersenyum puas..karena berhasil menang 2-1 atas tu OP,hahaha!!

buat yg penasaran laguny gimana,ni dia lagunya:





-Bergembira bernyanyi bersama,catat itu kata sandinya…-

-Bergembira bermain bersama,OP jutek jitakin aja..hahaha!!-

Thursday, November 19, 2009

On The Move

haihaihaihai

kembali YoBood mengudara...

bntar..ga cocok..bukan radio

Kembali lagi YoBood d channel kesayangan....

ga cocok lagi..bukan d TV

Kembali lagi YoBood disini dalam trayek...

Halah beda lagi..

kembali...dalam...aa...

Tulisan aj kali y..

-kq jd penting gini-

hehe,
ehm
Mungkin pada bingung kali y,kq tiba2 kemaren G ngedadak menggunakan EYD yg benar dalam postingan blog.

Gini,'emang sengaja G dari kemaren buat latihan menulis opini dengan baik. Siapa tau entar iseng2 masuk dikoran kan..lumayan. G pengen mencoba berubah, On The Move, minjem slogan salah satu BUMN waktu meluncurkan sebuah 'reformasi' di bidang pelayanan konsumen. Yang tadiny Blog buat iseng doank, pengen bener2 G manfaatin buat menyalurkan dan membagikan opini G,tentunya tentang apa yg sering G liat..

ya jadi nikmatin aja tulisan G yg kadang2 ancur bahasany tapi kadang kadang juga..

'ngejelimet' bahasanya
ahahahaha...

-yobood-

Wednesday, November 18, 2009

MENIRU untuk sebuah kata LUCU

-Mohon maaf apabila dalam tulisan ini,Penulis ‘mencantut’ beberapa nama-

Acara Theater Komedi,atau akrab disebut LAWAK,biasanya diisi oleh orang-orang yang benar-benar cerdas dan kreatif. Karena pekerjaan mereka,Komedian atau Pelawak menuntut mereka berpikir cepat dari situasi yang ada untuk menjadi suatu bahan lawakan,disamping lawakan yang telah dipersiapkan dalam scenario (bila ada).

Tetapi,apakah kelucuan itu bisa tercipta dari ide-ide yang bisa dibilang MENIRU dari ‘panggung’ lain?

Ketika saya tengah asyik didepan Komputer,mata saya terusik oleh sebuah tayangan komedi di salah satu TV swasta bertajuk ‘SEGER’. Dalam episode yang entah bertema apa, karena saya kebetulan tidak terlalu suka dengan acara itu, muncul beberapa adegan yang sudah pernah saya lihat,bahkan masih saya lihat dalam acara lain. Misalnya, mendadak salah seorang pemain memukul pemain lain menggunakan ‘tongkat’ berbahan sterofoam, tokoh yang beraksen kurang lancar (gagap),juga tokoh banci yang gemar berbuat kasar pada pemain..

Dari deskripsi itu,mungkin pembaca bisa mengetahui adegan tersebut biasanya dapat dilihat di acara apa sebelumnya.

Benar. Adegan tersebut biasanya kita lihat di tayangan ‘Opera Van Java’ di televisi swasta lainnya. Sama persis semua adegan yang dilakukan di acara ‘SEGER’ dengan apa yang kita lihat diacara OVJ,bahkan hingga konsep music pengiringnya. (dan tokoh Banci nya? Adalah tokoh yang sebelumnya pernah main di OVJ)

Lalu,mengapa ‘hal itu’ bisa terjadi?

PERSAINGAN. Iya,dua tayangan ini hampir tayang bersamaan: OVJ jam 8-9 malam,SEGER jam 7-8 malam,dan Harinya sama,Senin-Jumat. Mereka tentunya tidak mau kalah untuk membuktikan kalau acara komedi mereka benar-benar lucu.

Tetapi-diluar subjektivitas penulis sebagai penggemar OVJ-,yang namanya Meniru jika dilakukan dengan kurang baik,maka hasilnya akan kurang baik,dan terkesan dipaksakan. Ada beberapa alas an mengapa adegan di acara SEGER terkesan ‘maksa’.

Pertama: Basic para pelawak. Para pelawak yang tampil di SEGER berbasis pelawak yang memiliki scenario untuk melawak,sedangkan konsep SEGER hampir sama dengan OVJ: Diberikan Cerita,untuk kemudian dikembangkan sendiri oleh pelawak sebisa mungkin. Jadi terkesan di beberapa segmen mereka MATI ANGIN dan memaksakan lawakan,atau menggunakan lawakan yang sudah mereka keluarkan berkali-kali sebelumnya.-bahkan ketika saya menulis postingan ini,mereka memakai tokoh yang sangat mirip dengan AZIZ GAGAP,baik model rambut putih di kepala,maupun aksen nya-

Kedua: Tidak adanya sosok Pengatur. Dalam lawakan spontanitas,Pengatur diperlukan untuk tetap menjaga alur cerita,dan mengembalikan ke dalam alur apabila lawakan telah melenceng. Ini dimiliki oleh OVJ dengan Ki Dalang Parto yang terkenal dengan kata2 ‘Benang Merah’. Tetapi ‘tokoh’ ini tidak dimiliki dalam acara SEGER.Sehingga,acap kali lawakan terkesan berantakan karena jalan cerita kurang tersampaikan,walaupun ada monolog lagu yang disampaikan oleh sosok ‘sinden’ Soimah.

Ketiga:Terbatasnya Properti. Dalam hal ini saya salut kepada tim kreatif OVJ. Mereka membuat set dengan amat baik dan rela membuat property selama 1-2 hari untuk kemudian dihancurkan dalam waktu kurang dari 5 detik. Sehingga lawakan sopntanitas tersaji dengan baik. Sedangkan SEGER amat kurang. Mereka hanya mengandalkan layar digital untuk suasana, dan baru belakangan ini mereka menggunakan banyak Sterofoam –seperti OVJ- untuk property sekaligus belasan ‘alat pukul’. Padahal sebelumnya,property mereka kurang sekali. Misal: untuk lawakan Pompa Ban, Denny menggunakan Petromaks yg dipasang di ban sepeda. Padahal dalam OVJ,mereka sudah membuat kompresor,bahkan set bengkel dari sterofoam. Sangat timpang bukan?

Memang semua acara memiliki ciri khas sendiri. Saya juga menghargai ‘kerja keras’ mereka untuk membuat lawakan yang segar. Penonton suka terhadap acara komedi atau lawak, tetapi Penonton lebih suka dan lebih mengapresiasi karya-karya hasil Ide/Kreativitas dan Orisinalitas dari ide tersebut…

-sebuah pandangan pribadi-

Friday, November 13, 2009

Ir.Wiyoto Wiyono,Msc dan Masalah Bahasa

Penggunaan Bahasa Indonesia dewasa ini sungguh mengkhawatirkan. Pemakaian Bahasa asing yang dianggap tak ada terjemahannya dalam Bahasa Indonesia,bahkan penggunaan istilah istilah aneh yang kurang pas,namun dipakai oleh para tokoh publik yang lagi-lagi sayangnya, di ikuti oleh sebagian masyarakat Indonesia yang amat 'Figure-Minded' alias menjadi peniru apa yang dilakukan oleh para tokoh publik.

Lalu,apakah maksud dari Judul tulisan ini? Apa hubungannya antara Ir.Wiyoto Wiyono,Msc dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar??

Benar, Ir Wiyoto Wiyono,Msc bukanlah ahli bahasa. Gelar dibelakang namanya sudah menjelaskan hal itu. Beliau adalah penggagas sekaligus perancang pembangunan jalan layang bebas hambatan terpanjang di Indonesia antara Cawang-Plumpang(tanjung priok). Jangan menghubungkan nama beliau dengan Bahasa,tetapi antara Karya beliau dengan Bahasa.


-salah satu gerbang tol Ir.Wiyoto Wiyono,Msc-

Beberapa waktu lalu, pilar-pilar jalan tol ini,mulai dari depan Bea Cukai sampai perempatan Utan Kayu ('Cukai-Kayu' menurut para kondektur) digunakan sebagai media para seniman mural untuk mengkampanyekan budaya berbahasa Indonesia. Banyak sekali kutipan-kutipan maupun slogan-slogan yang ditulis. Misal: 'Bahasa Indonesia WAJIB! Bahasa Asing Perlu', atau kutipan penyair Subagio Sastrowardoyo: ASAL MULA ADALAH KATA

Tetapi beberapa mural juga menampilkan istilah-istilah baru yang merupakan padanan dari kata-kata asing yang dewasa ini sering digunakan. Misal: Unduh untuk 'Download', Peramban untuk 'Browser',Pewara untuk 'MC'. Tetapi ada istilah yang benar-benar baru di tambahkan, atau setidaknya jarang digunakan. Misal: Daring untuk ONLINE. Ya. Istilah ini diambil dari terjemahan kata online : dalam jaringan. Jadi terdengar keren juga bila diaplikasikan dalam istilah.

OL menjadi DJ.

Atau lagu Saykoji liriknya diubah menjadi '..aku Daring,Daring...Daring..Daring..'

Dan,satu lagi. Istilah 'town square'. Menurut terjemahannya, Town Square adalah alun-alun kota, merujuk pada kondisi/bentuk dari konsep town square di negara lain. Tahu apa terjemahannya? ANGGARA KOTA. Jadi bisa dibayangkan apabila 'Depok Town Square' ato 'Detos' menjadi 'AngKoDe', CiTos menjadi 'AngKoCi',tentu para pengembang akan berpikir ulang untuk membangun. Sebab namanya terlalu membumi dan tidak komersil.

Meskipun hanya melalui pilar jembatan, setidaknya ini menjadi pengetahuan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Catat: Jumlah masyarakat di Indonesia yang menggunakan atau setidaknya memiliki KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA lebih sedikit dibandingkan yang menggunakan atau memiliki KAMUS BAHASA ASING

Wednesday, November 04, 2009

its about the 'NUSANTARA'

Mendengar kata nusantara,apa yang ada di benak anda??

hmm...
iya,Indonesia...

Hmm...
boleh,arkipelago...
apalagi...?

bisa juga..
Sabang-Merauke..
terus...

iya2x...
PO Nusantara di Jepara..
bisa2x...

ayo,apalagi??

hah?
iya Betul: KOES PLUS

Band legendaris dari Indonseia ini sangat idetik dengan NUSANTARA. Mengapa? Karena beliau2 ini membuat sekitar 8 seri lagu berjudul Nusantara.

Pada salah satu acara talkshow, Yon Koeswoyo, salah satu dari keluarga Koeswoyo yang tergabung dalam grup ini bersama Yok dan (alm) Tonny, beliau mengatakan ide awalnya bermula ketika mereka mulai mengadakan tur di Indonesia. ketika diatas pesawat, mereka melihat Indonesia dari atas yang terlihat menakjubkan kala itu, dimana hutan2 masih masih lebat,khususny di Kalimantan.

Terciptalah NUSANTARA pada tahun 1972 di album 'Volume 5'. Lirik '..hidup ku bebas selalu kawanku..tiada yang memburu..' seolah2 sindiran kepada Orde Lama. Dibandingkan Orde Lama,di Orde Baru Koes Plus dapat memainkan musik band dengan bebas.

Berikut lirik2 lagu Nusantara + lirik 'Jiwa Nusantara', salah satu lagu yang diambil dari album ' Selalu Dihatiku'

NUSANTARA

reff:
Kuharap kau tidak akan cemburu, melihat hidupku
Hidupku bebas selalu kawanku, tiada yang memburu.. OO
Di nusantara yang indah rumahku, kamu harus tahu
Tanah permata tak kenal kecewa, di khatulistiwa

Hutannya lebat seperti, Rambutku 2x
Gunungnya tinggi seperti, Hatiku 2x

Lautnya luas seperti, Jiwaku 2x
Alamnya ramah seperti, Senyumku 2x

Tanahnya subur seperti, Tubuhku 2x
Unggasnya bebas seperti, Hidupku 2x

NUSANTARA II

Sejak pagi berseri-seri..Nusantara
Sepanjang siang bergembira..Nusantara

Malam Bulan bersinar terang
Semua bernyanyi riang ..bersahut-sahutan

Nusantara...betapa indah
Nusantara...betapa kaya
Nusantara...untaian permata
Nusantara...betapa kaya
Nusantara...betapa subur
Nusantara...di khatulistiwa

NUSANTARA III

Hutan belantara..banyak tersebar
Nusantara..
Semua harta..yang tak terhingga
milik kita..

Disana tempatnya..tanah idaman
kita semua..
Tanah yang kaya..bagai permata
Nusantara..

Semua kagum olehnya,
tanah di Khatulistiwa..
bagi yang pernah melihat,
hati terpikat
nu..san..ta..ra

NUSANTARA IV

Lihatlah Lihat..Pemandangan
Betapa Indah..Mengagumkan
Laut dan Bunga..Luas nian
Angin Bertiup...Menyegarkan

Nusantara...Nusantara..
Inilah surga...Di Dunia
Nusantara...Nusantara..
Tanah Impian...Manusia

Lihatlah lihat...Sawah Ladang
Betapa subur...Menyenangkan
Parit dan sungai...Dan Bengawan
Jernih mengalir...Dari hutan

Nusantara.....
la..la..la

NUSANTARA V

Ribuan pulau tergabung menjadi satu
Sebagai 'Ratna Mutu Manikam'
Nusantara..oh Nusantara

Berlimpah-limpah kekayaan Nusantara
Tiada dua dimana jua
Nusantara..oh Nusantara

reff
Siapa tak kenal Nusantara?
Siapa tak suka Nusantara?
Siapa tak sayang Nusantara?
oooohh

Alam nya indah serta udara yang cerah
menjadi kebanggan semua
Nusantara..oh Nusantara

Aneka bunga terhampar sekitar kita
Seakan ada di dalam surga
Nusantara..oh Nusantara

reff, ke awal

NUSANTARA VI

Pagi Hari..burung berkicau riang menari
Mengagumi...alam indah berseri
Bunga-bunga...mekar semerbak harum mewangi
Menyegarkan...ditiup angin pagi

Nusantara..Impianku
Nusantara..Pujaanku
Nusantara..Impianku
Nusantara..Kau Milikku

Sawah Ladang...kuning meluas tanaman padi
Padang hijau...penuh berpadang sapi
Laut luas...berlayarlah Perahu menyusuri
Burung camar..terbang bernyanyi-nyanyi

NUSANTARA VII

Selalu Bersinar matahari di waktu pagi hari
Selalu bercah'ya purnama di malam gelap

reff
Bumi Nusantara yang indah, agung, dan mulia
Bumi Nusantara tiada bandingannya...

Lihatlah disana gunung yang tinggi, lautan membiru
Lihatlah mereka selalu tetap bersatu
reff,

JIWA NUSANTARA

Aku dicaci Aku dimaki
Ku tak tahan lagi,
Ku tak tahan ku begini

Aku disiksa Aku didera
Ku tak mau lagi
Kutak mau menderita

Sinar mataku api
Rentang tanganku besi
Langkah kakiku pasti
Daya pikirku suci

Aku disini,Aku disana
Aku jiwa muda
Aku jiwa nusantara