Sunday, September 19, 2010

The 5th LONG ROAD TO JAVA : Turn Around the Route (2)

-dilanjut-

....
....

2. Bojonegoro-Saradan-Ngawi-Sragen-Solo-Klaten-Kalasan-Klaten
(12/9)

Setelah 3 hari di Gondang,BJN plus terasing dari sinyal telepon genggam (sebenarnya ada sinyal kalo operatornya si Biru dan Merah,cuma yg G pake si Kuning),akhirnya G harus cabut lagi ke Jakarta,karena disitulah 'habitat' G. Tapi seperti mudik-mudik sebelumnya,G nggak balik langsung ke Jakarta,tapi mampir ke Klaten dulu,mw nyekar ke makam mbah kakung sm mbah putri G,sm ke rumah Sodara yang juga pada ngerayain Lebaran.

Beda dengan rute pada bagian (1),bagian 2 ini cukup dilalui dengan waktu kurang lebih 6 jam.

Start jam 6 pagi dari Gondang,setelah pamitan sm Mbah Kakung dan Mbah Putri,plus sodara-sodara,plus tetangga-tetangga di kampung. Rute nya pertama menuju jalan raya Surabaya-Solo,kita mengambil jalan desa Bethek-Klino yang membelah kawasan hutan jati. Hampir sama kayak jalan Temayang-Nganjuk,cuma karena kelas jalan nya lebih kecil,jadi jalan nya agak sempit dan relatif sepi,malah ada motor di pinggir jalan yang ditinggal dengan nyaman nya oleh sang empunya motor..
(kebayang sepi nya kan,sampe2 ngerasa ga bakal ilang tuh motor)

Jalan sejauh....wah,kaga ada patok nya neh berapa kilometer. Kalo ga salah 40 KM-an. Terus masuk ke jalur utama Surabaya-Jogja,dan langsung disapa oleh salah satu 'buruan' G di jalur ini:




SUMBER KENCONO

Mungkin kalo mendengar nama itu,selalu dibarengin dengan kalimat "..menabrak sepeda motor..". Ya,ini merupakan salah satu Operator Bus AKAP kelas Ekonomi jurusan Surabaya-Jogjakarta/Wonogiri/Semarang,yang bermarkas di Krian,Sidoarjo (pasukan brevet W). Terkenal karena kecepatan nya yang nggak masuk akal untuk jalan selebar 2 jalur. Dibilang juga Jet Darat JATIM bersama EKA dan MIRA (nama operator Bus AKAP pesaing SK),karena warna baju kru nya yang berwarna oranye seperti Pilot Tempur,walau sekarang diganti biru,plus ada logo 'engine' nya. Siapa yg nggak seneng ketemu buru-an nya langsung di depan mata. Langsung jeprat-jepret sambil jalan. Pas masuk Saradan,terdengar bunyi klakson,sepertinya ada yang mau ambil kanan. Dan terlihat,salah satu Sumber Kencono model Legacy mencoba menyalip mobil G,tapi ga bisa-bisa gara-gara arah lawan banyak motor. Sampe G ledekin :

" ne arep mlebu yo mlebu ae,cak. wani ora? ojo bengog-bengog ae "
(kalo mo nyalip ya nyalip aja,cak. brani nggak? jangan teriak-teriak aja...)

sampe G nyelip mobil minibus jadul warna ijo,tu bis masih dibelakang Gw,malah sampe Palang Saradan,masih gak bisa nyalip tu minibus. Wajah Bokap sumringah,karena gak berhasil disalip sama bis itu...wkwk

lepas langsung belok kanan di perempatan..eh,perempatan apa pertigaan ye? ah,pokoknya simpang Madiun-Ngawi. Jadi belok ke arah Ngawi,kayaknya ByPass nya gitu deh,gak lewat Madiun. Bablas terus..lintasi sawah-sawah dan sedikit hutan dan pasar-pasar. Teruss gitu aja view ny sampai hutan Walikukun,tempat dimana monyet putih ditangkep trus dijualin dengan santai nya disebelah pos polisi..(nggak ada isinya kali ye..)





Cuma ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam,masuk juga ke wilayah Jawa Tengah. Nah,di wilayah Sragen ini nih,mulai tersendat. Gak tau kenapa,padahal jalan nya lebih lebar. Emang sih pas jalur arah Palur nya sempet nyempit,karena jalur nya dari dulu gak nambah-nambah jadi 4. Padahal gerbang masuk Karanganyar tuh udah dirancang untuk 4 jalur. Jadinya ngadat-ngadat gini. Dan yang bikin kaget di pertigaan Intan pariwara,Palur. Ternyata pasar palur udah dibangun,klo ga salah namanya Palur Plasa deh,tapi..ya nama nya juga 'mol' lokal,masih sepi lah..



Masuk deh Kota Solo,lancar jaya deh. Setelah melintas jembatan Bengawan Solo,hati G ngedadak miris,sakit,pengen nangis,ngelihat gerbang besar di sebelah Kebun Binatang SATWA TARU JURUG,sebuah tulisan yang menandakan kalau tempat itu adalah tempat menuntut ilmu:

UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET SURAKARTA

Jiaa...ingatan kembali saat G ngebet banget pengen masuk situ. Tapi,ya udah laahh..emang jalan G bukan kesitu. Yang ada ntar G malah jalan-jalan,bukan kuliah.

Sampe Kartasura,lho kok ngadat ya? Jah,malah macet sendet-sendet,tapi nggak lebih parah dari arah ke Solo (G ke arah Klaten-Jogja) yang malah berhenti nggak jalan-jalan. Sampe batas kota Klaten,Bokap ngedadak inget tempat makan enak: Tengkleng+Sate Bu Hj.Winaryo di pinggir jalan Solo-Jogja daerah Karangwuni (G juga baru tau nama warung nya). Istimewanya: Nasi ambil sendiri. Iyalah,kan Bu Hajjah nya jual Sate,bukan jualan Nasi. Porsiny pas bener,cuma saking kelamaan dibakar sate nya,jadi rada alot gitu.

 -deretam mobil di belakang jauh adalah kemacetan jalan raya Solo-Jogja-

Ajaibnya,setelah G makan trus lanjut jalan,eh malah lancar.


Otomatis jalan aja gw lgsg ke Mlinjon mw beli bunga buat nyekar (pesan moral: Kalau beli bunga buat nyekar,JANGAN DITAWAR. Tembak aja beli berapa perak,ntar malah dapet banyak). Pas mw mampir ke tempatnya Mbah Noe,eh malah kosong. Jah,gagal deh hunting kereta di kebon belakang (kebon belakang nya langsung rel kereta). Langsung nyekar aja...

....(hening,lagi nyekar dulu)....

pas nyampe Krapyak,rumah mbah G,nggak taunya Mbah Noe cm nganter Bulik G pulang ke Agen Bus. Asiiik..bisa hunting. Setelah mampir sebentar..plus dibawain oleh-oleh dan dibikinin wedang jahe segala (makasih Mbah Par' ),langsung jalan ke Candi,tempat mbah Noe,eh malah hujan,trus jembatan kecilnya hanyut lagi,yg ada G manjat-manjat ke tembok belakang rumah orang,pinjem payung mbah,trus ngambil gambar sedapetnya.Pas abis makan gudeg (makan lagi...) eh,ujan nya udahan. Asik..hunting nya pindah ke deket jalan kampung,deket sinyal muka. Lebih lega lagi pandangan nya...





Setengah jam kemudian,G cabut ke Kalasan untuk silaturahmi sm Mbah Tuwuh, sekaligus nanya2in soal rumah buat Oom G yang pengen tinggal disono. Ngobrol-ngobrol ngalor-ngidul ,terus diunjukin rumah yang ditawarkan sm mbah Gw,terus balik lagi ke Klaten. Dan karena jalur Jogja-Solo padat disekitaran Prambanan sampai Proliman,malah di depan Bogem sempet stagnan (tau Bogem kan? kalo ada  anak laki-laki Jawa yg gak tau Bogem berarti identitasnya perlu dipertanyakan..wkwk),muter2 dulu lewat utara nya Prambanan,dan keluar-keluar di deket simpang stasiun Prambanan.

Sampe di Klaten,langsung ke Hotel Arjuna. Sebenernya ide nginep di hotel ini ide bokap,tapi tw kenapa pas ditanya Oom Gw kok malah yg ngajakin Gw sm kakak2 Gw...parah..parah. Tapi sayang,pas sampe Klaten kok malah ujan. Jadi kg bisa ngapa-ngapain dah di Klaten. Tidur aja dah,karena untuk rute ke 3 besok,perjalanan dimulai jam 4 pagi..

...

...

-berlanjut-

No comments:

Post a Comment