Sunday, September 18, 2011

The 8th LONG ROAD TO JAVA : Run For Our Holiday (3)

-dilanjut-

3. Klaten - Jogja - Bakulan - Srandakan - Ambal - Kebumen - Rawalo - Purwokerto - Prupuk - Pejagan - Cirebon - Jakarta

Melihat fakta semalam bahwa arus kendaraan ke arah barat sudah membanjiri jalan-jalan di kota Klaten, maka diputuskan kami akan berangkat meninggalkan Hotel pada pukul setengah 5 pagi. Otomatis kami harus sudah bangun pada pukul setengah 4 pagi. Namun,ternyata gw sendiri baru bisa tidur jam 10 lantaran musti nungguin HP kakak gw yang lg di charge. Ditambah dengan suasana kamar hotel yang benar2 'cozy' banget,akhirnya berangkat jam 4.45 dari Hotel. Itu juga bangun nya setelah nyokap gedor2 kamar beberapa kali. 

Jam 5.45 segera kami berangkat kembali. Isi bensin di Prambanan dan mengisi logisitik di Minimarket, Kami terus melaju. Ketika sampai Janti,kami beriringan dengan SK sampai prapatan Giwangan. Kami berpisah, Kami lurus, SK belok kanan menuju terminal. Dan kami terus melaju dengan kecepatan tinggi saat melintasi jalur selatan..melintasi jembatan Srandakan yang melintang diatas kali progo.

Jam 6.30 kami sampai Ambal,dan berhenti sejenak untuk mencoba Sate Ambal yang katanya cukup terkenal. Ambal,sebuah daerah di selatan Kebumen adalah sebuah daerah yang terkenal karena sate ayam nya. Belum jelas siapa yang pertama kali menjadi pioneer. Satu yang agak nyeleneh,papan nama rumah makan ny selalu bertuliskan SATE AYAM ASLI. Seumur hidup ayam itu ya ayam kampung..ayam broiler..ayam horen alias 'leghorn'..ayam kate. Lah ini Ayam Asli yang kayak gimana bentuknya..? Kalo pagi kukuryuk juga nggak..??

Setelah menghabiskan 6 porsi sate,lanjut lagi ke arah barat. Dan ketika masuk lingkar luar Kebumen,kembali harus mempersiapkan kamera, karena kali ini gw mau berburu lagi. Kali ini buronan nya adalah EFISIENSI dengan livery ala 'air asia'. Kenapa gw sebut 'air asia',ntar liat sendiri deh. Tapi dari tadi kok nggak ketemu-ketemu ya..? Eh nggak taunya Mbak Efi ini ternyata lewat kota Kebumen. Yah nggak nemu deh. Ketika mobil melaju,sekelebat di daerah Sruweng tertulis sebuah pengumuman mengejutkan dengan spanduk warna ijo :

Agen Bis 
PO MAYASARI BAKTI AC
Tujuan
Sruweng - Jakarta p/p

Sayang kamera lagi nggak siap,jadi nggak bisa ngambil gambarnya. Ternyata setelah melakukan peremajaan armada,Mayasari Bakti langsung dapet ijin banyak buat ngeluarin armada ny ke luar kota untuk bantuan mudik. Malah kata rekan MBM gw,si Obet, di Terminal Gombong ada agen (sementara) dari papan. Lalu, ada yang lebih heboh lagi, Agra Mas yang biasanya ngeline seputaran Karawang - Bogor / Tangerang, pasang banner gede, bahkan Daya Sentosa Utama P 155 yang sebagian besar armadanya buluk justru malah laku dibandingkan PO 'setempat' yang udah punya nama,tapi armadanya sekarang tua-tua.

Melintasi  PJL Karanganyar..lepas pasar menjelang arah Gombong...terdengar suara tak asing..suara klakson nyentrik.."te-lo-lo-let". Nah itu dia buruan gw mau lewat. Langsung ambil kamera,dan standby..

-Perusahaan Otobus EFISIENSI,livery ala "Air Asia"-

New Marcopolo

 Royal Travego "JetBus"

New Marcopolo

Royal Travego "JetBus"

(semua model tersebut dibuat oleh AdiPutro,MALANG)


Setelah melintasi Buntu,A215 diarahkan ke arah barat via Wangon - Patikraja - PWT. Dan sialnya gw baru ngeh. Harus nya di Buntu kita belok kanan lewat Sokaraja. Mengapa?

1. Mbak Efi itu nggak lewat Rawalo,tapi lewatnya Sokaraja. 

2. Di Sokaraja itu ada rel mati bekas jalur PWT-Wonosobo

Jadi,pada hari itu gw melewatkan 2 tambang emas. Purwokerto-Ajibarang mancarli..cuma pas di pasar bokap nekat selap-selip di antara bis 'tuyul' yang ngetem. Pas masuk Paguyangan,Brebes bawah..mulai deh cari perkara. Macet gak jelas gara-gara pertigaan yang....aduh mobil yg keluar aja dikit. Entah kenapa bisa macet. Setelah Kretek..nah ini. Bumiayu. Waktunya menengok Jembatan Sakalimolas yang sudah ditemani konstruksi baru Jembatan Double Track. Yah berharap aja itu Sakalimolas di cat trus jd monumen gt. Lintas turunan panjang Bumiayu..eh ketemu Parwis Mercedes-Benz Prima yang waktu itu gw kenekin ke Bandung bareng anak2 HMJM. Nampak terengah-engah,dasar bis tua..

Enaknya setelah daerah Bumiayu adalah,beberapa kali Jalan melintasi jalur KA. Waktu di salah satu PJL,saat Argo Lawu melintas,ada salah satu mobil Panther Ijo yg ngeyel dan norak,ngambil jalur kanan nyelak. Eh pas palang dibuka,di cegat sm polisi dan dimaki-maki...tanpa tilang, Sayang, ngomelin nya ditengah jalan sih. Coba disuruh minggir,terus dikasih tilang. Rasain dah tuh,udah sampe rumah disuruh balik lagi ke Brebes buat sidang tilang...

Prupuk terlewati..termasuk RM Panorama nya Sinar Jaya. Sampe di tepi kali Tanjung,brenti sesaat untuk membeli brambang. Masuk daerah Pejagan..lagi-lagi disambut KA di PJL nya..mungkin Taksaka. Nah,di SPBU Pejagan,sebelah tiang pancang terusan Tol,Bokap isi bensin,sekaligus beli makan siang berupa ayam goreng cepat saji..ya untuk kali ini merek nye SiEfSi (ejaan indonesia neh,kalo pake singkatan huruf merek jatohnya). Tadinya mau gw makan entar,tapi..setelah gwi inget kalo mau lewat Pantura yang membutuhkan pengawalan 'ekstra', ya udah gw makan di sepanjang Pejagan-Kanci.

Dan ternyata benar...di Pantura perlu pengawalan ekstra. Kali ini ulah para warga setempat yang seenaknya menerobos palang di setiap putaran yang udah dipalang sm Polisi. Gara-gara ulah mereka yang bikin mobil ngerem ngdadak, nyaris A215 gw nyeruduk dan disruduk. Untung Bokap manuver ngerem sambil pasang perseneling di posisi netral, jadinya 3 mobil : XTrail item, A215 gw, sama Pick Up putih sama2 shock dan jarak ny mepet. Kampret dah. Udah gitu di kiri kanan ada spanduk "dukung Provinsi Cirebon" beserta alasan alasan nya. Jadi kabupaten aja nggak bisa ngurus jalan negara...apalagi jadi provinsi? Nggak bakalan lancar itu Pantura..

Setelah macet-macet nggak jelas..Gw tidur..sepanjang pantura, dan bangun-bangun gara2 bokap marah2 jalan ke Jomin di tutup sama polisi Cikampek. Nggak tau ini polisi otak nya gimana. Lah itu kan di Jomin banyak tukang dagang. Masa nggak boleh cari duit? lagian juga jalanan gak macet..malah dibuang ke Dawuan. Kalo gw udah bangun,itu Polisi gw lemparin tisu sm botol kosong nih,kebetulan ada di bawah gw. Terus tidur lagi. Bangun lagi pas Bokap ternyata keluar di Cikarang,dan gw panik blm nyiapin duit tol. Bokap keluar Cikarang,terus masuk lagi buat ngakalin antrian GT Cikarang Utama. Udahanny gw nyiapin duit tol terus tidur lagi.

Jam setengah 10 baru sampe rumah. Bongkar-bongkar dan akhirnya tidur. Pagi nya..dapet kabar seru :

1. Jalur Kebumen - Gombong satu arah,macet total

2. Tol Kanci nggak gerak

3. Nagrek nggak gerak

4. Jogja-Jakarta 21 Jam

Pas banget...pelarian kita kali ini tepat. Ternyata hari ini adalah puncak arus balik..wkwk

That's all

LRTJ seri ke 8

Belom jelas kapankah edisi ke 9..tahun depan udah waktunya PKL

eh..sukur-sukur pas liburan..PKL ny di jawa gt..bisa kali

haha

(ngarep)

No comments:

Post a Comment