Saturday, June 04, 2011

Rawamangun - Dipati Ukur p/p

Judul diatas bukanlah trayek baru dalam dunia bis antar kota.

Judul diatas adalah trayek yang gw jalanin bersama temen-temen dari HMJ Manajemen UNJ sewaktu mengadakan studi banding ke HIMA Manajemen Universitas Padjadjaran,BD (Kode untuk Bandung dlm perkeretaapian). Yang jadi cerita disini adalah,gw pergi kesana menjadi salah satu peserta studi banding...

..PLUS JADI AWAK BIS PARIWISATA!

Gini..gini..

Jadi,ditengah kebingungan sekaligus rasa minder akibat bis rombongan lain lebih bagus (rombongan gw dapet ny Bis jadul,mesin Mercedes-Benz Prima OH 1113,bodi Concerto ny RS. Rombongan lain Blue Star hi-deck,New-Travego/New Marcopolo ny AP,Mercedes-Benz 1525), ternyata pak sopir nya jalan sendirian, nggak bawa awak. Iseng gw bilang aj sm panitianya : "gw dah yg ngenekin". Panitiany ok2 aj,soalnya udah pada maklum soal 'kebiasaan' gw kalo diatas bis.


 (si Prima yang ternyata kurang prima)

Dan dimulailah aksi gw sepanjang RwMangun - Dipati Ukur,berbekal pegetahuan gw seputar bis dan mesin-mesin nya,plus pengalaman 6x jadi navigator ekspedisi Long Road To Java, dan pengalaman jadi awak Mayasari Bakti Patas 9 selama 3/4 rit (banyak kan..?). Sepanjang Jakarta-Cikampek sih aman2 aj,sopir juga anteng di jalur tengah. Cuma ngerasa aneh aja. Kok ini Mercy nggak bisa lari,menurut teori di dalam dunia perbisan,Bis dengan mesin Hino terbaru pun,diadu sm Mercy Prima yang keluaran 1990an pun masih menang Prima. Lha ini kok sm Primajasa yg mesin ny Hino dibalap mulu? Ah,mungkin nanti di tanjakkan kali. Di bis ini juga,ternyata anak2 yang ulang tahun di bulan mei dirayain secara kecil-kecilan..termasuk gw..hehe. thx,guys! walaupun ada yg kurang...(ehh)



(Bukti Otentik)

Masuk Cipularang..ternyata ini mobil kok nggak ada tanda2 Mercy Prima ny y..? lagi2 dibalap sm Hino. Ada yang gak beres nih. Bener..ditengah jalan yang memang terus menanjak,mesin nya ngebul gara-gara radiatornya kena. Pada turun semua dah,mana nyari air ny jauh. Setelah beres,semua naik lagi (parah..sampah nya ditinggalin gitu aj,nggak dibawa naik lagi..) dan diambil keputusan,selama tanjakan AC mati dulu. Sampe eks GT Padalarang,bis berhenti lagi gara2 overheating. Cari air lagi. Karena nggak mungkin ganti armada,si babeh sopir blg dia mw diusahain dulu pas sampe di DU.

(keneknya lagi megang kamera)

Sampe Pasupati,pas di exit Balubur,ternyata udah ditunggu sm anak HIMA. Gw melongok dari pintu. Dia ngmg "nanti ikutin mobil kita aja ya!". Gw bilang aj "Ok mbak". Gw lgsg mikir iseng, ini jangan2 anak HIMA ny ngira gw awak ye,soalny baju gw batik,si babeh juga pake batik. Pas turun lgsg gw keluarin almamater,biar bingung2 lo..liat ada peserta stubad rangkap awak bis..wkwk

3 jam berlalu pas stubad,
Rombongan balik lagi ke RwMangun. Sialnya,yg tau jalan malah pd eval di bangku belakang. Berbekal anak2 yang tau jalan-jalan di BD,plus ingatan gw waktu ke Sabuga 3 tahun lalu,akhirnya ini Bis sampe lagi di Pasupati. Jalan pulang relatif lancar,karena Cipularang arah jakarta jalannya turunan. Jadi enaknya,gw bisa menikmati performa Mercedes-Benz PRIMA dengan puas : adu balap dengan bis2 bermesin Hino RK-T maupun RK-8 yang terbaru. Sebenernya mesin ny bandel kok, perawatan nya aja yg kurang. Cuma masalahnya,gara2 penumpang di belakang sopir kakinya panjang2,kursi CD (Co-Driver) dilipet. Walhasil gw nggak bisa duduk. Tandem terus berdiri dari DU,karena di deket pintu nggak ada kursi penumpang. Tapi untungya,selain babeh di kokpit,ada yang nemenin...(ehh)

Nah,pas sampe di Tol Cikampek (lagi),Gw mikir,daripada Gw ikut balik ke Rwmangun,mending Gw turun di jembatan tol. Gw langsung ngibrit,diiringi kepanikan para penumpang karena awaknya kabur...hehe

Pas diangkot,gw laporan sm temen gw yg kerja di PO:
"sam..awak'ku kesel..ngenek JKT-BD p/p ra entuk duduk.."
eh,dibales :
"tp enak kan...gw waktu jd awak p9 sama..cm puas,jd gak berasa"

Tp kalo dipikir2 sih..mayan,bisa dimasukin cv kalo mw magang di PO...haha

No comments:

Post a Comment