Tuesday, July 20, 2010

Me vs MAGIC BOX

Temen-temen G kemaren pada protes sekaligus heran..:

'apa-apaan sih lo? marah-marah mulu di status..'

benar,
beberapa hari ini emang G marah-marah mulu di status,ga di FB,ga di Twitter,marah aj bawaanny. Itu semua gara-gara ... hmm...acara TV yang makin hari makin 'kotoran sapi' isinya.

why?
here's the reason:

PEMBOHONGAN

G udah ga percaya lagi sama yang ada di TV,bahkan tayangan berita sore sekalipun. Malah G lebih percaya sm Koran..tapi bukan Koran yang ada TV nya. Berita akhir-akhir ini isinya membodohi masyarakat. Bahkan beberapa nya ternyata buatan/rekaan stasiun TV itu sendiri. Ga percaya??

Contohnya,paling sering waktu soal video porno artis.

Ada yang memberitakan bahwa Sekumpulan wanita merobek2 gambar artis di sebuah rumah di timur Indonesia.

Tau dimana aneh nya??
1. Darimana mereka tau ada kegiatan perobekan??
2. Kalo mereka ada yang ngasih tau,logikanya,mereka dateng kan udah kelar kegiatan robek2 ny. Lha ini?? ada gambarnya gitu.
3. Kegiatan perobekan ny aja aneh,masa tau2 dateng beberapa wanita,trus merobek poster di depan kamera sambil cengar-cengir..

trus beralih ke yang lebih ringan: acara dokumenter anak-anak

Sumpah ini keliatan banget kebohongannya,terlebih dengan narasi dan alur cerita yang dibuat2 (ditambah monolog yang berlebihan,bentar-bentar tertawa 'hihihihi...'). Masa dokumenter tentang alam daerah setempat,ada dikejar2 penculik segala. dokumenter apaan tuh?? Padahal dulu negeri ini pernah membuat dokumenter anak-anak daerah yang sangat berkualitas. Pernah mendengar serial ANAK SERIBU PULAU?? Meskipun dulu G masih kecil,tapi G tau ini bener-bener tayangan yang layak tonton. Sekarang udah jarang,lha wong stasiun TV ny aja sekarang udah mulai 'rusak'..

Banyak banget pembohongan dan pembodohan di TV negeri ini. Ada lagi Filem2 TV yang setting ny kayak konser musik rock: pindah sana pindah sini,dari Lombok,Bali,Sampe muter2 Jawa walaupun sering ny di Jogja. Alesan ny sih yang G pernah liat adalah :memperkenalkan budaya Negeri ini.
WdF!
Apanya yang memperkenalkan?? merusak tatanan budaya setempat iya.
Bayangin,yang maen aja bukan orang-orang setempat,cuma orang2 yg 'sok ngartis' yang bicaranya digaya-gayain sm logat setempat. Dah gitu cerita nya ga ada bedanya sama sekali. Mau di Bali,Mau di Lombok,malah kalo perlu walau sampe Bawean sana,tetep aja ceritanya itu2 juga. basi bgt,sok2 nasionalis tapi muna...

(tuh kan marah-marah lagi gw)

Udah banyak banget masyarakat yang mengeluh rusaknya anak-anak mereka karena TV. Beberapa kali hal ini didiskusikan dengan beberapa praktisi. Dan beberapa kali pula mereka protes melalui KPI..


Dan..
Asal Tahu Saja,

Dampak buruk TV saat ini adalah :
Hilang nya nilai-nilai keraifan lokal di beberapa daerah di Indonesia.

Ironis aja sih,kalo G pulkam sekarang.
Di daerah yang terpencil aja,anak-anak muda nya udah ga mau turun ke sawah,kerjaannya kalo libur cuma petantang petenteng aja,walau pun cuma di PASAR. Dan yang membuat G terhenyak adalah, mereka jadi lebih konsumtif. Bayangin aja,bukannya menghina,sebagian besar dari mereka mempunyai uang apabila panen,tetapi anak-anak mereka memiliki HP yang berkamera dan berfasilitas 3G,tanpa tahu apa manfaatnya.
(pokoknya gak kalah dah sama anak kota)

ya secara kasarnya,

Ketika banyak ANAK KOTA yang ingin merasakan CARA HIDUP DI DESA,justru banyak ANAK DESA yang ingin BERGAYA HIDUP DI KOTA seperti apa yang mereka lihat di TV

that's why I was very angry with the magic box

No comments:

Post a Comment