Thursday, July 15, 2010

Kembali Ke Aliran Lama

Ternyata sisa-sisa jalan2 naik Kereta ke Bandung kemaren masih berbekas dalam otak Gw.

Dan tanpa sadar mengembalikan Gw ke aliran lama Gw: Railfans

Memang sejak kecil Gw paling senang banget sama moda transportasi yang bernama Bus dan Kereta Api,malah cita-cita Gw dulu klo ga jadi masinis,ya sopir bus..(bayangkan hal itu terjadi disaat anak-anak kecil masih bermimpi untuk menjadi dokter,pilot,presiden,insinyur...dan G udah belajar untuk berpikir secara realistis). Didukung dengan lokasi rumah Gw yang dulu,yang gak jauh2 amat dari rel kereta api,ya..radius 1 km lah. Lumayan klo jalan kaki. Tapi percaya atau nggak,Gw rela bolak-balik jalan kaki ke rel terdekat bwt ngeliat KA,malah kadang2 lebih jauh lagi jalan sampe st.Cakung,walau musti ngumpet2 karena klo ada tetangga yang ngeliat,atau orang rumah ada yang liat,bisa ditabokin Gw. Siapa yang rela coba punya anak maen2 di rel..?

Kelas 2 akhirnya G musti berpisah sama 'dunia KA',pindah rumah ke daerah yang sama sekali jauh dari  yang namanya KA. Yang paling deket itu ya st.Bekasi,tapi jaraknya 2x naik Angkot. Fiuh...tapi karena setiap hari G sekolah ngelewatin jalan tol,ya jadinya Gw berubah 'aliran' dari KA menjadi Bus. Gak tau kenapa ya,suka aja sm mereka berdua. Mungkin karena posturnya yang panjang dan jendelanya yang banyak itu..mungkin
Dan sekarang...2-2nya beriringan didalam diri Gw,terlebih saat liburan gini. Saat Gw musti kke kampus tapi nyantai,G iseng2 aj brkt pagi bareng bokap sampe tol barat. Pas bokap udah jalan,G nyegat angkot,trus ke st.Bekasi dah. Sama aja sih ongkos nya. Kalo dari Tol barat naik P 9 BA sampe UKI 3500,trus naik 57/300 bayar 2000. Kalo naik KA,bayar angkot sampe st.bekasi 2000,beli karcis yg ekonomi sampe Jatinegara 1500 (yang AC ekonomi 4500),trus dari situ naik 57/300 juga 2000. sama2 5500 kan??

Cuma kalo naek kereta,klo kepagian bisa nongkrong dulu di peron Jatinegara yang lalulintas KA nya cukup padat sampe siang. Baru siang nya G jalan ke kampus. Pulang nya? klo bisa ya naek kereta lagi..

Belajar dari pengalaman waktu survey sebelum ke Bandung,G mendingan nunggu rangkaian KA dari luar kota yang transit di St.Bekasi. G beli karcis ini,jadi itungan nya kayak naik patas,gak berenti2 di stasiun,cuma tahu diri lah Gw,kaga bakal ikuran duduk di dalem. Paling bediri di bordes. Waktu survey sampe Jatinegara,kebetulan ada KA Gaya Baru Malam Selatan yang mogok. Begitu Lokomotif bantuan datang,G lgsg masuk ke rangkaian ke 2. jalan deh lancar smp Jatinegara.

Pas kemaren,G dengan cara yang sama pengen naik GBMS lagi,soalnya G liat dari Jatinegara,KRL ekonomi ny penuh banget. Ogah. Tapi pas G pengen nyamperin GBMS,ternyata kereta nya lagi penuh,ga tega masuk2 lagi. G nunggu lama,masuk KA Senja Kediri kelas bisnis. Wah,liat ke belakang banyak juga tuh yg pada mw nebeng. Ya udah,G ngikut,punya karcis ini (padahal KRL ny baru masuk di jalur 2).

Pas deket St.Klender,lewat PKD,ternyata mw ngecek penumpang yang pada nebeng. Dia minta karcis,G kasih aja karcis nya. Eh,kaga dibalikin,kirain mw dilihat aj. Lah klo kaga dibalikin trus G keluar stasiun ny gimana?? musti lewat rel dong.... Eh bapak2 disebelah Gw lebih parah. Sok-sok baca koran,malah ngasih 10000 alesan karcis ny jatoh..

Turun di Jatinegara,nongkrong lama juga sih,ampe jam 12an (orang disuruh ngampus jam 1) baru Gw cabut

Dan ternyata yang memiliki aliran kayak gini ga cuma Gw doang. Rekan-rekan Bismania ternyata juga ada yang menjadi railfans. Mungkin ya karena sama2 di darat juga kali..

sama sama keren kan?

No comments:

Post a Comment