Monday, March 21, 2011

Kisah "pilot" yang turun kasta

Jarum jam menunjukkan pukul 11.00

G baru turun dari Patas 98 A dengan nomor lambung OH-014 milik Mayasari Bakti jurusan Pulo Gadung - Kampung Rambutan, tepat di tikungan dekat 121 A mangkal nunggu penumpang. Biasanya G pulang jam 2,tapi dosen Manajemen Operasi bilang klo kuliah diliburkan,karena beliau capek lagi ngurusin pernikahan di keluarganya...pas banget,G jd pengen balik buat nyelesai'in (tugas proyek) pernikahan G buat kamis..

Sekitar 15 menit duduk di kursi depan,nggak lama abang sopirnya datang dan segera membawa kami keluar dari KPR (inisial tidak resmi untuk Kampung Rambutan).Ketika melintasi deretan P 9 BT yang sedang parkir,abang sopir berceloteh tentang Mayasari Bakti. Sayang,karena memakai bahasa sunda,G nggak begitu ngerti apa yang abang ny bilang,mungkin kesal karena belasan Armada Mayasari Bakti kerap memacetkan arus di Terminal.

Sekitar 30 menit perjalanan,akhirnya angkot 121 A masuk ke Jalan Raya Nagrak,sekitar 300 meter dari pertigaan,angkot berhenti karena truk di depan memberi sen kanan..ketika abang sopir mengoper perseneling,mendadak seorang pengendara motor matic jatoh didepan angkot karena menyalip dari sebelah kiri. Spontan abang sopir mengerem dan mengumpat : G***OK!!. Ketika perjalanan berlanjut,abang ini lalu mengomentari kejadian tadi.

Namun,G tersentak kaget mendengar komentar si abang ini:
"untung angkot,coba kalo kayak Mayasari...beuh bisa masuk kolong itu,kayak P 17 di Hek.."

kok Mayasari..?

iseng G tanya: Pernah di Mayasari Bakti,Bang..?

dan jawaban nya cukup tepat : udah lama disana..

jadi ternyata,abang angkot ini ternyata adalah salah satu mantan 'pilot' alias sopir bis milik PT Mayasari Bakti. Beliau bahkan jelas-jelas menyebut NIP terakhirnya yang tercatat disana : 1135015. Sudah sejak tahun 1986 malang melintang di Jakarta menjadi pilot armada hijau berlogo bola voli bersayap. Mulai dari Kampung Rambutan - Kalideres, Pulo Gadung - Blok M, hingga yang terakhir, P 6 Kampung Rambutan - Grogol. Ya. Abang ini (lupa nanya namanya) terpaksa pensiun karena P 6 dicabut oleh Dishub DKI.

Satu hal yang menarik,ketika mengomentari 121 A lain dibelakang (keadaan angkot 'rapet'), Abang kembali bercerita, bahwa ketika kedatangan sopir-sopir ex MB,ternyata mereka merubah sistem kerja angkot 121 A yang dulu diberi jarak 10 menit dari Villa Nusa Indah 2. Mereka berargumen "untuk apa angkot memakai sistem sela? apalagi armada nya kan sudah banyak,ada sekitar 50an. Kita bawa ke rapat, dan semua setuju. Sekarang boleh kalo mau nyodok (nyalip) . Mau ngetem juga silahkan,toh udah ada rejekinya".

Pertanyaan berlanjut,mumpung G duduk di depan. Apakah semua eks awak pada pindah ke angkot? Abang menjawab bahwa ada yang turun ke angkot, ada yang pindah ke luar kota, ada juga yang jadi Sopir Trans Jakarta, karena MB mendapat jatah sopir sebagai kompensasi penghapusan trayek. Abang ini tadinya ditawarin 'paket' jadi sopir TJ. Namun, mungkin karena (maaf) pendidikan si Abang yang tidak tinggi,maka golongan pendapatan nya pun tergolong rendah. Sebulan cuma dapet Rp 1,8 juta. Kira-kira itulah gaji yang rata-rata didapat eks awak yang kini jadi sopir TJ,mengingat mayoritas sopir MB sebagian besar hanya mengenyam SD. 

Sudah begitu,lanjut si Abang,pemotongan bila tidak masuk kerja cukup tinggi : Rp 50000/ absen. 

" Bayangin aja,kalo situ kerja besok. Ngedadak ada keperluan penting. Nggak masuk,ilang gocap..coba 5 hari, kan lumayan 250 (ribu). Kalo (sopir) yang bujangan sih mending dah gaji segitu. Lah kalo kita yg udah punya anak sekolah. Jungkir balik" . 

Sambil bercanda,si Abang kembali berceloteh,bahwa jadi Supir TJ nggak bisa korupsi. Saya balas saja: 

"supir TJ mana kenal duit bang. Tau nya kan bawa mobil aja. Yang megang duit orang loket". 

"Nah..jangan-jangan nih,kali orang loket bisa iseng gt sama uang karcis.." balas Abang dengan cengengesan. 

G jawab: "Bisa jadi,bang. Emang Pengelola tau hari itu karcis yang terjual ada berapa? emang dicatat? kan nggak kayak TIMER di Patas.."

"Ya itu. Coba kayak waktu di P 6. Kita sekali jalan ngangkut 50 orang,tinggal bilang sama kenek 'tulis aj 45',lumayan 10 (ribu) kita bagi 2 sama sopir"

"Lagian malu jadi supir TJ. Pake dasi,sepatu bagus, eh ngopi aja nyatet..(ngutang), makan sama ngerokok nyatet juga. Mending kayak gini dah, dikit-dikit tapi ngalir duitnya" 
lanjut si Abang yang katanya malem itu juga bakal balik pulang ke Tasik,kota yang juga menjadi kota asal (alm) H Engkud Mahpud, pendiri PT Mayasari Bakti, yang juga sekaligus pendiri PT Maya Graha Indah selaku Holding Company nya Mayasari Bakti yang juga membawahi beberapa PO dan sektor usaha lain,yang secara tidak langsung telah membangun kota Tasikmalaya.

Sayang,cerita harus terhenti,karena G udah sampe di tujuan. Villa Nusa Indah 5. Sebelum turun, si Abang sempet cerita :
"waktu di P 6 enak..kalo anak Trisakti lagi Demo,charter langsung bayar ditempat..."

Angkot pun terus melaju..dan G berjalan menuruni jalan yg menurun dari gerbang komplek


Ternyata jadi sopir bus nggak cuma urusan Starter,Gas,Rem,dan Jalan....

3 comments:

  1. Bos, boleh request pertanyaan ga?
    Kalo naek 121A, tanya ma supirnya. Supir lama apa bukan.
    Trus dia kalo supir lama tolong tanyain, dengan sistem baru yang dibuat oleh eks pilot P6 lebih baik dari sistem selah 10 menit atau justru malah lebih buruk?

    ReplyDelete
  2. itu Pilotnya kalo di Mayasari Bakti supir lama, klo di 121A supir baru itungannya.

    Pertimbangan nya kalo ga salah karena 121A itu pertumbuhan armadanya meningkat. Kalo pake tunggu2an, berapa rit yg bisa didapat sm supir klo harus nunggu mobil yg banyak?

    waduh,seperti yg sy tulis, itu sopir mw mudik. Entah mudik beneran nggak balik atau mudik doang, soalnya nggak ketemu lagi..

    ReplyDelete