Friday, November 25, 2011

Asyik nya MIE RAME

Jumat ini bokap sm nyokap pergi ke Cirebon selama 2 hari. Sebelum pergi, biasa, nyokap selalu memenuhi kulkas dengan bahan-bahan makanan seperti sayuran dan makanan setengah jadi macam bakso,sosis dan kawan-kawan nya. Mereka memaklumi, bahwa anak-anaknya cukup kreatif dalam persoalan 'perut' ketika di tinggal di rumah.

Nah,buat makan malem hari ini...pilihan jatuh pada menu yang tidak asing di keluarga gw :

MIE RAME

(mie ramen?)

bukan...MIE RAME. Nggak pake N

(lah? mie apaan tuh?)

Mie Rame itu adalah mie instan yang dimasak dengan bumbu tumis dan ditambah dengan isian seperti telor,daging ayam,bakso,dan sebagainya,tergantung di kulkas adanya apa (kecuali penghilang bau). Sebenernya hampir sama dengan apa yang disebut Mie Tek-Tek (Gw makan mie tek-tek di kampus,dan kecewa berat,rasanya jauh dari yang gw biasa bikin sendiri). Cuma beda nya, kalo mie tek-tek itu bumbu nya bumbu ulek. Nah ini bumbu nya cukup pake bumbu yang tersedia di mie instan nya. Kalo bumbu tumis nya sih standar, macam bawang merah,bawang putih, cabe, tomat, banyak nya tergantung berapa bungkus mie yang dimasak. Buat temen-temen dari Medan,atau yang pernah ke Medan, disana juga ada mie sejenis yang menggunakan mie instan sebagai bahan utamanya. Cuma kalo disana setau gw saus cabe pendamping nya yang bikin tambah enak.

Kenapa dinamakan Mie Rame?

Sebenernya Gw sendiri yang ngasih nama ini. Bokap yang biasa masak sebenernya bilang ny mi rebus. Dulu, waktu masih bocah, sering Bokap masakin mie kalo nggak ada makanan..atau lagi nggak punya duit. Maklum kalo gw liat ke belakang, masa kecil gw adalah masa-masa yang sulit kalo dibandingkan sekarang. Nah dulu bokap selalu masak 3-4 bungkus mie instan rebus untuk makan 5 orang. Isinya itu ditambah sawi sm telor. Satu yang khas adalah rasa bawang putih yang kencang di Mie Rebus buatan bokap. Karena 3 bungkus mie itu dimasak buat 5 orang itulah makanya sekarang gw suka nyeletuk kalo itu mie namanya "Mie Rame". Mie yang dimasak buat rame-rame. Sederhana..  

Biasanya mie yang digunakan itu mie instan dengan rasa Kari atau Soto, karena bumbu nya lebih terasa. Sebenernya rasa apapun bisa,asal jangan mie goreng. Kalo mie goreng ya masaknya kering juga,kayak mie tek-tek biasa,cuma nggak pernah dimasak buat rame-rame.

Untuk hari ini,Gw mencoba dengan rasa soto mie

Tampilan Mie Rame

Campuran nya itu :
Udang
Bakso
Tomat
Sawi Hijau
(belakangan gw bingung..tumben-tumbenan itu tampilan penyajian nya rapi..biasanya nggak begitu :-P )


Siap dimakan neh..

mari makan!!

No comments:

Post a Comment