Tuesday, August 18, 2009

Lagu bagus: Smaradhana

Ah, nemu juga ni lagu.

Jadi gini, 'Kick Andy' jumat kemarin(16/8) menampilkan Guruh Soekarno Putra. Seorang nasionalis (diluar status sebagai anak BK) yg berjuang melalui media seni. Beliau selain mendirikan organisasi Swara Mahardika (organisasi yg terkenal akan pertunjukan seni tari nya), ternyata juga pada awal tahun 1970-an mendirikan band bernama 'Guruh Gipsy' setelah beliau tiba dari Belanda. Beliau beralasan karena pada tahun itu, musik tradisional Indonesia terpinggirkan oleh musik Band2 barat. Maka dalam Band ny itu, beliau memadukan unsur2 musik tradisional berupa gamelan bali. O iya, band yg beranggotakan Keenan Nasution (drums, vocal),alm.Chrisye(bass, vocal),Abadi Soesman (mini-moog), Roni Harahap (all piano, organ),Odink Nasution(guitars) dan tentunya Guruh Soekarno(all gamelan, all lyrics) hanya menelurkan satu album, yaitu 'Guruh Gipsy (kesepakatan dalam kepekatan)' yang sepertinya sulit dinikmati oleh pendengar musik Indonesia,melainkan didengar oleh masyarakat di negara Jerman 30 TAHUN kemudian dalam bentuk BAJAKAN nya (ckckck).



Dalam tayangan tentang band itu, terdengar satu lagu yg menjadi latar tayangan itu. Enak banget lagu nya,apalagi aransemen ny yg nge-beat. Sayang G ga tau judulnya apaan, tapi sebelumny juga pernah denger.

Barusan G iseng2 nyari di google ttg Band itu. Di salah satu blog yaitu 'Siluet Tempo Doeloe' (http://ohbingung.multiply.com/reviews/item/78) ada salah satu lagu yg bisa diputer berjudul SMARADHANA.

G puter...
eh, koq kayaknya ini lagu yg G cari ya? tapi aransemen ny beda. G cari lagi di youtube. Eh ada, tapi disitu di tulis yg nyanyi Chrisye. Dan...itu dia lagu yg g cari2.

coba dengerin deh:
SMARADHANA


(courtessy : agungyuswanto)
Ratih dewi
citra khayalku, prana dalam hidupku
yang haus asmara
Hm.....nikmatnya bercinta

Andika dewa
Sirna duli Sang Smara, merasuk sukma
menyita heningnya cipta
Oh....resah 'ku jadinya

Prahara nestapa seakan tak kuasa
membendung asmara Insan sedang bercinta
Gelora asmara di Samudra cita
melenakan daku dibuai cinta


(lirik: Rock Spirit)

keren kan??



No comments:

Post a Comment