Friday, March 20, 2009

MeatBall-a-TOR's Note

Bingung kan sm judul di atas?
gini,
untuk kali ini, G mo ngebahas yg agak serius dikit
(lah, brarti yg kmaren2...??)

Untuk kali ini, G mo ngebahas tentang makanan yg sangat terkenal di seantero Jakarta, ato Indonesia sekalipun: Bakso
(koq jadi makanan?)
lah, kan Savoy Truffle sendiri kn nama permen di Luar negeri. Masa di Blog ini ga pernah bahas ttg makanan? Emang G ga butuh makan?
(oo...iya..iya..)

Ehm,
sekedar sharing aj sih,
Bakso yg klo di luar negeri namany MeatBall itu emang bukan murni makanan Indonesia. Tu makanan asalny dari Cina. Tapi ga tau knapa malah terkenal di tanah Jawa -tanpa maksud menyanjung ke-sukuan,karena kebetulan yg nulis belum pernah ke luar jawa-. Tercatat, ada 3 daerah di Jawa yg terkenal karena Baso ato Bakso nya. Pertama itu WONOGIRI, terus SOLO, dan terakhir agak ke timur dikit: MALANG. Nah, ada bedanya. Kalo Bakso dari WnGiri dan Solo itu baksony standar, pake mi putih ato kuning, di Malang beda. bakso disajikan dengan tambahan Pangsit bahkan Somay. Sehingga namanya akrab disebut BAKSO Malang ato Baso Bakwan, ato Bakwan Malang. Tapi, yg lebih aneh di Surabaya. Di Stasiun Pasar Turi, G pernah makan bakso yg disajikan dengan LONTONG! Unik ga tuh? kreatif bgt kn?
(that's why i'm Proud to be Indonesian: Their Creativities)

Nah, yg bikin beda lagi di Luar negeri, yg namanya Bakso itu ya benar2 100% daging. Tapi di sini ditambah adonan tepung. Tapi tetep rasa dagingny ga ilang. Meskipun tahun 2004 diguncang dengan isu Bakso Formalin ato Bakso Tikus, ternyata yg namanya Bakso ga bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Buktinya di depan rumah G, ada tukang baso yg akhirny kepaksa bikin tenda di portal jalan gara2 daganganny laris manis tiap hari.

ya, sebagai salah satu 'makhluk pemakan bakso terganas' (Meatballator: Meatball-Predator), ya karena G klo makan bakso paling enggak 2 porsi, G pengen berbagi tips disini, cara menikmati dan mencari bakso yg enak. Ini berdasarkan pengamatan yg G lakuin klo makan bakso.

1. TEMPAT BAGUS BELUM TENTU ENAK BAKSONYA
Maksudnya gini, kebanyakan tempat bakso yg enak itu selain yg ada di dalem Mall2 itu kondisiny agak kumuh sedikit, dengan mempertahankan gerobak kayu sebagai etalase daganganny. Terbukti, 2 tempat bakso di pinggir jalan yg keadaany bersih ternyata tidak lebih enak dari bakso yg lewat menggunakan gerobak di depan rumah.
2. JIKA RAGU,PESAN CAMPUR DULU,BARU BAKSO POLOS KEMUDIAN
Ini yg sering G lakuin klo nemu tempat bakso baru. Pesen pertama kali bakso Campur mie, sayuran, pokokny campur. Maksudny, klo ga enak G jg ga rugi makan banyak2 bulatan yg rasany ga enak, karena perut kenyang gara2 mie yg kemakan. kalo enak, baru pesen Bakso polos tanpa mie.
3. CICIPI TANPA TAMBAHAN SAUS DAHULU
Tips ini G dapet dari seorang wartawan Kuliner kondang, Bondan Winarno. Dalam Acara Kulinerny, beliau berpesan sewaktu makan bakso di daerah sunter:
"Kalo kita ingin tahu bakso enak atau nggak, cicipi dulu kuahnya tanpa tambahan saos. pure. baru kita akan tahu bakso itu enak atau nggak"
Ini dah G coba berkali2 dan emang bener, tempat bakso enak yg G cobain ternyata kuah baksony enak walaupun ga pake saos. Jadi, klo di warung bakso kn emang saos tergantung yg mesen. Tapi klo beliny yg gerobak? gampang, bilang aja saosny dipisah.
4. CARI TEMPAT YANG TANPA AC
Lho? maksudnya? iya. Klo tempatny panas kan keringet keluar semua tuh. Nah jadi lemak yg masuk sama lemak yg keluar impas kan? Biar makan bakso terus, tapi kesehatan jg penting. kalo di tempat AC kn keringet ga keluar. yang ada lemak malah tambah banyak. Biar afdol, selain tempatnya pengap, minumny teh manis tanpa es. Pffiuh, keluar dah tu keringet, tapi bawa saputangan sendiri ya. Kasian abangny, tisu ny abis terus..

Itu aja sih, tips yg bisa G kasih klo mo makan bakso yg enak. Namany jg MeatBall-a-TOR..
klo ada tips yg laen lagi, ntar G bagi deh.
c ya!

1 comment: