Saturday, January 22, 2011

The 6th Long Road To Java : a journey with an old pal (3)

(dilanjut)..
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Bordesan 2

Setelah sekitar 4 hari bertahan di Grendeng,PWT (meleset 1 hari dari rencana awal),akhirnya diputuskan secara bulat dan aklamasi...(ngapain voting?? orang pesertanya G doang) kamis malem G balik. Sebenernya masih diajak muter2 lagi besoknya sama si Dandy. Cuma apa mau di kata,anggaran G sebenarnya cuma cukup buat 3 hari. Kemaren mundur sehari aj G empot2an makan ny.

Siap2 dari jam 6an,eh sepertinya PWT masih belum rela G balik hari itu. PWT Hujan deras..ada gluduk segala. Malah kosan ny Dandy bocor segala gara2 rembesan dari jendela ny. Buset..sampe jam 7 nggak kelar2 juga ujan nya. Padahal KA Ekonomi yg ke Jakarta mulai masuk PWT jam 8an. Pertama yg masuk PROGO dari Jogja,terus KUT-UT dari Kutoarjo,sama terakhir BENGAWAN dari Solo Jebres. Lewat dari itu,ada BOGOWONTO,cuma tiket ny 70k karena pake AC. Lewat dari itu,ya ud Gaya Baru Malam Selatan yang dari Surabaya Gubeng. Buset itu kereta udah panjang,penuh,nyampe ny siang juga.

Pas jam 8,ujan nya mendingan,baru G minta dianter sm Dandy ke Stasiun..tapi gara2 masih gerimis,Mbah kosan ny belum pulang dr masjid,jd nggak bisa pamit dah. Nggak nyampe setengah jam gara2 jalanan yang sepi (mahasiswa udah pada pulang,makanya kota ini sepi),sampe di Stasiun PWT. Lgsg pamit,nyamperin loket. Pas masuk peron dibilang sm petugas nya "sebentar lagi mas..". Buset,gimana klo G belom berangkat tadi y?

Lagi beli Air botol di peron 3..dari arah Kebasen nongol sorot lampu. Nggak yakin kalo itu KA ny,soalnya PPKA blm ngasih pengumuman apa2. Begitu loko udah masuk.eh baru dikasih tau:

*dingdingding...(lupa nadanya..nggak ada di JKT,apalagi di BKS yg cuma *tingtong)
"jalur 3 masuk KA Kutojaya tujuan Jakarta-Tanah Abang"

Pas ngeliat rangkaian...buset,penuh. Alamat bordesan dah..
Bener aja,akhirnya G nyangkut di sambungan Kereta ke 2 sama 3. Dalam bordesan kali ini,kamera emang G masukin tas. Jadi maklum aja klo nggak ada fotonya

Bengong aja nyari posisi,soalnya di bordes Kereta 2 ada orang naro tumpukan anak ayam. G duduk dilintasi berulang kali sm orang dagang. Mulai dari tukang Nasi Goreng 3000an,Nasi Ayam,Air,Kopi,Kacang..sampe yang bertolak belakang kayak ROKOK dan OBAT (??? mana yg jual bapak2 tua lagi..). Tadinya G nggak niat beli makan,cuma karena laper dan inget kalo udah masuk Cirebon G nggak boleh yang namanya beli makanan atau minuman,akhirnya G incer aj nasi goreng 3000an. Pas G buka,pantesan 3000an,nasi goreng sepiring jadi 2 bungkus kayakny. Mayan sih masih berasa..

Persilangan pertama terjadi di St.Linggapura. Ada KA legendaris,BIMA yg udah nunggu buat silang. BIMA udah jalan,kok ini KA blm jalan2. Eh nggak lama dapet pengumuman:
"KA 161 (kode Kutojaya)tunggu bersilang dengan KA Gajayana"

lama banget kaga lewat2...eh ternyata:

"KA 161 silahkan melanjutkan perjalanan sampai stasiun Prupuk.."

Jah,persilangan pake di pindah segala. Jalan lagi,kok udah deket Prupuk nggak pelan2 jalan nya..Nggak taunya Gajayana yag disuruh berhenti. 161 jalan terus...haha. Pas G bilang ke rekan RF,Bayu Obet. Dia cm bilang:

"161 itu rajanya Daop V PWT"

gila dah,makin kenceng aja jalannya,nggak ngecer. Sampe..kayaknya Sindang Laut dah,bersilang dengan Sawunggalih Utama malem..sm Argo Lawu klo ga salah. Abis itu lgsg bablas sampe Cirebon..G udah ngantuk2 di sambungan. Pas G liat jam..buset,jam setengah 12 udah sampe CN?? gila..

Pas di Cirebon,yang bawa ayam turun,aman dah G duduk di sono,bekas ayam bekas ayam dah. Abis tu orang turun,masuk lah asongan Cirebon dengan rada ambisius dan beringas nawarin nasi yang...G berani jamin itu nyiapin nya dari sore alias 6 jam yang lalu..ya makan aja kalo U dari 5 hari kemaren nggak lancar BAB. Oh iy,di sebelah KutUt ada Senja Utama Solo lagi berhenti juga nunggu KutUt. Tapi karena KA ini diprioritaskan (jam 02.17 masuk Tanah Abang klo di tiket),KutUt jalan duluan.

Lepas CN,entah kenapa G ngantuk banget..padahal ni kereta jalan nya kenceng banget. Dan gara-gara jalan nya kenceng,Pintu Keretany berapa kali kebuka. Kesel juga,akhirnya G ganjel pake botol air. Tapi kadang2 kebuka juga. Akhirnya sambil G pegangin aja ujung nya. Abis mergokin KA Harina tujuan Semarang Tawang di St.Jatibarang,G tidur...

Bangun gara2 teriakan Pedagang :

"Cikampek..yang turun Cikampek persiapan.."

Kalo lagi kayak gini pedagang emang membantu banget Yang jadi pertanyaan: Kemana KP (Kondektur Perjalanan)nya?? padahal kalo di KA Eksekutif di kasih tau,entah melalui interphone atau keliling kereta. Tau dah..Ternyata KA baru melintas di Tanjung Rasa,1 stasiun sebelum Cikampek.

Sampe Cikampek,G bediri aja,pintu G buka sedikit. Lepas Cikampek,ternyata G berhasil mergokin berderet2 alat Plasser and Theurer yang lagi bertugas merawat rel dan bantalan. Sampe Karawang ngedadak berhenti,ternyata disusul oleh KA Sawungggalih Utama tujuan Pasar Senen. Berhubung Karawang terkenal reputasinya di KA sebagai tempat para orang2 usil,mulai dari tukang minta-minta sampe copet,pintu G tutup. Pas jalan baru G buka lagi

Sampe Cikarang..eh kereta berhenti. Nggak tahu sengaja atau nggak,kayaknya ketahan sinyal. Tapi kalo dipikir kayaknya sengaja sih,mengingat di Cikarang kan banyak pekerja. daripada repot2 ke BKS dulu,mending langsung turun..

Bentar lagi BKS,G ngambil tas siap2 di pintu. Menjelang PJL (palang kereta) Proyek Bekasi,kok berhenti. G melongok..kok banyak motor nyebrang..

TERNYATA PALANG BELOM DITUTUP!!

Padahal jarak Loko udah 50m dari jalanan. Masinis spontan ngasih semboyan 35 berulang2. Baru palang ditutup dengan cepat. Tidur kali itu yang jaga..

Sampe Bekasi 02.45,di peron banyak banget orang yang tidur,selain para tuna wisma ada juga penumpang yang kepagian macam penumpang PurJay,Sawung,atau Progo. Pas di peron ada orang senyum ke arah G sambil megang cellphone dgn kamera. Kayaknya sih Bayu Obet,cm g nggak yakin dan langsung ngibrit ke depan loko ngambil gambar..






abis itu lgsg cari angkot...dan sampe rumah jam setengah 4.

fiuh..akhirnya kelar juga ini jalan2.
thx y buat temen2 di PWT. Kapan2 gantian lah jadi tuan rumah kita...haha

Baru balik,paginya dapet proposal dari anak2 Keluarga BADAK:

TUR JOGJA

alamak,nabung lagi dah..

No comments:

Post a Comment