Tuesday, July 06, 2010

JoyRide BKS-BD-BKS

I AM BACK ON THE RAILWAYS!

setelah sekitar...sebentar..(ngitung) 6 tahun terasingkan,akhirnya senin kemaren (280610) akhirnya G bisa kembali lagi ke hobi G yang lama : KERETA API. Kalo kemaren ada yang bingung karena G sempet nulis G adalah maniak Bis,itu bener juga. G maniak sm 2-2nya kok. Tenang aja..

kembali ke rel,
setelah direncanakan matang2 dari awal semester 2,akhirnya G memutuskan untuk jalan-jalan atau (belakangan G bru tw klo istilahnya) JoyRide menuju Stasiun Bandung dengan KA Argo Parahyangan. Judul diatas yang 'BKS-BD-BKS' adalah kode2 stasiun dalam PT KAI : Bekasi-Bandung-Bekasi. 

Alasannya G ke Bandung itu:
1. View nya bagus,apalagi banyak jembatan2 yang tinggi dan lembah-lembah
(bukan limbah-limbah y..)

2. Harga Tiket Kelas 1 ke Bandung relatif paling murah dari Jakarta
(jujur,G belum pernah naik K-1 sebelumnya...)
Rencana awalnya 6 bulan lalu,G berangkat naik Parahyangan,pulang Argo Gede. Cuma berhubung 2 kereta itu sekarang digabung,jadi rencana G bolak-balik di kelas yang berbeda. Sesuai anjuran bokap,berangkatnya naik K1 alias Eksekutif/Argo,pulangnya baru K2 alias Bisnis.

BERANGKAT



(saat berangkat diiringi lagu berikut)


Jam 5 G berangkat dari rumah,ngejar yang keberangkatan jam 5.45 dari GMR alias Gambir. Sampe Stasiun Bekasi pas jam 6,karena kereta masuk bekasi jam 6.15. Pas G tanya sama petugas loket nya,K 1 masih ada kursi,tapi harga nya 65000. Yah,meleset 15000 dari perkiraan G,soalnya dy pake batas atas-bawah sih,45-65. Begitu tiket ditangan,G lgsg ke peron jalur 4.

Pas G liat tiketnya lagi..K1-2,berarti Kereta no 2. Pas liat nomor bangku nya....JAH! G lupa buat minta kursi deket jendela! G baru sadar pas liat nomornya dapet 9 C. Yah..padahal mw moto2 juga dari kereta. Kalo gini,udah berharap aj bangku sebelah kosong. FYI,nomor di kereta Bisnis atau Exa itu ada A-B dan C-D,jadi yang di sisi jendela itu kalo ga A,ya D.


sebelum berangkat,sempet2 ny ngambil foto...
-'Senior dan Junior' di Div,Jabodetabek-

Pas abis foto,dari arah barat keliatan ada rangkaian kereta mw masuk,mana pake lampu kabut segala,tapi kok PPKA ga ngasih pengumuman. eh,pas udah mw sampe wesel masuk jalur 2/3,baru PPKA ngasih tw kalo itu adalah rangkaian Argo Parahyangan...jah,lgsg standby dah bwt ngejepret..

Ternyata bawa MP2 juga..
 -Transformasi nya CC203xx+MP2+BP+4K1(Argo)+M1+2K2-

trus lgsg buru2 ke Kereta-2 bwt cari tempat duduk,ternyata 9 D nya udah ke isi sm penumpang dari...kayaknya GMR. Yg naek mhs tingkat akhir Teknik Sipil di ITB (duh sumpah namanya G lupa,tapi thx buat pengertiannya). G duduk diem..mw girang loncat-loncat juga ga bisa,karena untuk pertama kali akhirnya G bisa ngerasain naik K-1.

Lepas Tambun,setelah pemeriksaan dan tawaran sarapan pagi dr RESKA,ga betah juga lama2 duduk di kursi tengah klo niatnya mw cari2 foto. Pas liat sebelah,dy lagi ngutak-atik desain via notebook. G pikir,org klo lg ngutak-atik notebook biasanya gak liat pemandangan. Daripada pemandangan ny mubazir,ya tukeran aja gimana? G tanya sm dy mau g tukeran tempat,karena G mw liat2 di jendela mw nyari 'gambar'..dan dy akhirnya mau! yes..! Buat Mas-nya,sumpah thx banget,tp maaf lupa namanya. Tapi klo kebetulan anda melihat blog ini (dy sempet nanya apa G nyari2 foto bwt blog?),bener2 terima kasih sekali buat partisipasinya.


 -cikarang-


-spoor belok sblm Cikampek-

-Rumah Sinyal Barat-

-Cikampek-

  -bocah2 'crigis',dengan selera lagu yang 'mengkhawatirkan'-
-Eks Dipo Purwakarta- 

-Jalan Lama arah Bandung-

 -Pilar eks jembatan sewaktu masih rel tunggal-

-view Jembatan sebelum Padalarang (sebelah kiri arah BD)-

-Hamparan padi jelang Padalarang-

 -Panen..Panen..-

-Ada ARGO PEUYEUM sampe Lampegan di petak Cianjur-an-

-Kricak di Padalarang-

 -masuk Cimahi bwt nurunin penumpang-

-Dipo Kereta,sebelum masuk stasiun BD-

Dan satu lagi,sebenernya pada rencana awal,G berangkat ditemenin sm temen G,Dandy,yg sama2 pecinta kereta api juga dari kecil. Cuma sayangnya dia bentrok sm pengambilan ijazah SMA nya. Klo mw diundur juga ga bisa,soalnya tgl 1 dy udah harus ke Purwokerto bwt daftar ulang kuliah. Ya udah dh,G hunting sendirian aj.

STASIUN BANDUNG
Sampe di stasiun,G langsung ke Pintu Selatan buat nyari tiket K2 yang jam 14.35. G tanya sm petugas nya dan mbak nya bilang masih ada. G sekalian aj minta yg kursi A,biar bisa liat pemandangan Cipularang,sang musuh besar dari Argo Parahyangan. Eh dapetnya 15 A. Lumayan.

 
Sesuai saran rekan2 RF di Semboyan35.com , dengan niat baik G minta izin ke PKD buat ngambil foto di seputaran Stasiun,dan G diarahkan ke KS (kepala stasiun),untuk kemudian diarahkan lagi ke KAHUMAS yang gedungnya di depan peron selatan. Lah,G keluar lagi malah. Pas di sono G disuruh tunggu karena KAHUMAS nya belum hadir. Tunggu saja..

 -Tugu Loko TC 10 08 di depan Peron Selatan-
-Deretan Piala di Kantor Humas-

-Lobby HUMAS-

Gak lama KAHUMAS nya dateng sambil bw2 DSLR. Pas G ngomong2 bwt minta izin,ternyata surat izin nya harus dalam bentuk formal,atau dengan kata lain : DIKETIK. Yah,Ga bisa tertulis lg,kirain ada form nya. Beliau sempet bilang sih,mereka tidak mau mempersulit,hanya untuk didata saja supaya nanti bilamana terjadi apa-apa mereka tidak dipersalahkan lantaran sembarangan memberikan izin. Tapi,mereka juga minta hasil foto nya. Ya udah,G keluar mw cari rental/warnet dsb. Tapi,di peron selatan isinya cuma gudang2 ekspedisi semua. Yah..ya udah G balik ke dalem dengan tujuan mw liat2 di sekitar Stasiun aja. dan PKD nya sempet nanya perihal 'proses ijin'. G bilang bahwa G baru tau prosedurnya,mungkin lain kali G nyari foto nya. Pas di dalem,G mondar-mandir,ketemu lagi sm PKDnya dan Dia ngasih tw G yg megang tiket GoPar,kalo di jalur 6 lagi stabling Kereta nya buat yg jam 11.30. G bilang klo G naek yg jam 14.35. Pas PKD ny ga ada iseng2 dbalik rangkaian K1 G jepret logo Gopar ny..


Terus G jalan ke emplasemen barat ke deket rumah sinyal,disitu ada orang lagi duduk2 di 'taman' pembatas rel. Ya udah G ngikut aja. Eh,pas ada loko lagi mw digandeng sm rangkaian GoPar yang dibilang tadi,eh orang2 ini malah ngeluarin kamera nya.

Sinyal Aman.

Ya udah G ngikut..dan mulai dari sini,G dengan lancar mencari gambar2 kereta disini..
-CC 20309 mw narik GoPar-

-Digandeng sm GoPar keberangkatan 11.30-

 
-Stabling sebelum berangkat-





Jam 12 siang,perut udah minta diisi,G bingung mana depot stasiun nya? ga taunya di peron selatan ketutup sama rangkaian Malabar yang Stabling di spoor 1 barat. Makan di depot ramesan,pake kikil sm tumis sayur+teh tawar,kena 8500. Pas lah harga sama rasanya,apalagi kikil nya...hmm..

dan lanjut lagi....


 -Tulisan 'Bisnis' nya jangan dibaca,yg berlaku cm 'no 2' nya aja- 

-kandang ny Kereta Ukur-

-Plasser and Theurer-

 -Rangkaian TURANGGA (Bandung-Sby.Gubeng) Stabling-
-GoPar dari Gambir,Formasi CC203xx+BP+4K1+M1+4K2-

-Bukti Otentik Gw di Bandung (ngakngakngak)-

-PULANG-
Nah,bis ganti baju,G lgsg stabling di Peron jalur 6,bis ada Prami ny GoPar yg jam stg 2 sih..sumpah cakep bgt..prikitiw... ga sempet moto KA ny,soalnya udah d dalem stasiun,dan disitu banyak orang2 PT KAI ny. Setelah kereta itu jalan,G lgsg nyamperin KA yg stabling di jalur 5. GoPar yg jam 14.35. Pas dilihat..lho,kok kayaknya kereta yg G naikin tadi dah dari Bekasi. Cuma pas G perhatiin kayaknya bukan deh,soalnya yg G naekin aj tadi berangkat ny jam setengah 12-an.

Agak lama juga G nungguin kereta ini dibersihkan,sm diisi tangki air nya. Dan,G malah sempet ngobrol2 sm pegawai yg ngisi tangki nya. Dia heran kok G gak naek yang barusan berangkat (13.30),y G bilang aj,klo naik yg itu siang banget sampe di JKT ny. Kalo naek yg jam 16.30 malah kemaleman,makanya naik yg 14.35. Gak lama kedengeran pengumuman klo di jalur 5 GoPar ny udah siap. Y udah,G pamit sm tu pegawai,lgsg naik dari pintu sebelah utara.

Nah,di dalem K2-2 ini ada kejadian lucu. G udah duduk di 15A,dateng satu keluarga. Bapak2 ny negor G katanya bangku dia. Pas G liat tiket nya,ternyata K2-1. Ya G bilang aja,kalo dari BD ke GMR itu nomor urut nya dibalik,jadi ngitungnya dari rangkaian paling belakang,bukan dari belakang Loko. Akhirnya mereka ke K2-1. Gak lama,dateng lagi,dy bilang kalo ini K2-1,G jadi bingung perasaan papan nomor di Kereta ny K2-2. Pas G pindah ke K2-1,eh gatauny kursi A ada di sisi utara,bukan selatan. Sama aja mah,ini G gak bisa liat Cipularang....mana meja ny rusak lagi. Eh,dateng petugas KA nya, G tanya aj 'K2-2 yang depan bukan?' dan ternyata iya. Pas G balik lagi,ketemu sm keluarga tadi. Jadinya malah cengar-cengir..

Ok,lanjut lagi fotonya sebelum pulang...

-sebelum dirangkaikan Loko-

-sesudah dirangkaikan Loko-

-Rangkaian MALABAR Express (Bandung-Malang),view dari dalam GoPar- 

-logo PT Kereta Api dari dalam-

-Beginilah Jendela K-2 (bisnis)-

-Gw lagi..-

Trus dateng penumpang 15B,mas2 anak Akademi ny PT POS mw kerja di Fatmawati. Dan gak lama dateng penumpang 16A-16B...seorang ibu dengan 2 anak gadis nya...yg satu masih bocah,yang satu lagi...beuh..G kira 'nak kuliah tingkat akhir...gak tauny masih SMA..ckck

14.35,kereta berangkat menuju BKS-JNG-GMR.

-Dipo Kereta Daop 2 Bandung-

 -KRD Lokal di St.Ciroyom-

-Rumah Sinyal Padalarang-

-view jembatan sebelum Padalarang (sebelah kanan arah Bandung)-
Ada yng kocak neh,di petak Cimahi-PDL,sang cewek di 16A lgsg OL pake notebook ny (ibu2 ny di 16 C),nah tu adek ny ngerengek2 minta main juga. si kakak ny janji bentar lagi. Eh,pas petak PDL-CKP,lepas Sasaksaat,baterai notebook ny lemah. Walhasil tu adek ny mencak2 mukulin kakak ny yg -serius- ngmg 'sorry2'. G yg lagi serius ngambil foto sekitar jg cekikikan brg mas2 'POS' yang ternyata..cukup Gokil juga di perjalanan KA pertamanya (ngaku dy).

OK,foto lagi..
"Sang Musuh Besar Kereta Api"
-Gara2 Tol,Parahyangan di lebur dengan Argo Gede jadi "Go-Par"-
 -Jembatan yang atas,difoto dari jembatan yang bawah,dan sebaliknya-

"VIEW OF SASAKSAAT BRIDGE"


 - yang jauh dibelakang itu Jalan lama Rute 4 Cikampek-Bandung -

Geli juga G sm tingkah laku bocahnya,apalagi nyokapnya nawarin rengginang Garut. G terpaksa bilang 'makasih bu',walau tu ibu2 tetep nawarin. G ga enak,soalnya lg konsen ngambil gambar. Masa abis ngambil rengginang trus tu ibu2 dicuekin.... si 'kakak' aj ngeliatin mulu waktu G ngambil gambar lewat jendela atas yg G buka,termasuk saat pas di terowongan sasaksaat dimana G harus nutup jendela ny..(Belakang Loko..rawan asap di terowongan).

Iseng2 G candid tu bocah...wkwk
 -malu ketahuan difoto-
(untuk yg merasa bahwa anak ini keluarganya,sumpah ga ad maksud apa2 buat memfoto anak ini,cuma gemes aja sm anak ini..)

Sayang,kakaknya malah tukeran sm ibu nya di Sukatani. Jd ga bisa candid dah,tapi ga tahan juga kali dengan kehebohan di 15-16 A-B,pas sampe PWK dia 'ikutan' juga walau tetep di 16 C,apalagi waktu pesen Mi rebus. G jga pengen,cuma pas mas2 sebelah G mesen..kok baunya Ayam Bawang yah? Ogah ah,kecuali klo baunya Soto Mie atau Kari Ayam (terserah dah mie ny ape,mau Mie INDOnesia,mw Mie ENAAK kek,yg penting bukan Ayam Bawang),10000 Ga rugi dah Gw pesen tuh Mi.

OK,Foto lagi..



-masuk Purwakarta-

-masuk Cikampek-

-Rangkaian Senja Kediri di CKP-

-deretan Gerbong di Cikampek-

-deretan spoor Cikampek-

 -masuk Dawuan-


 -Fly Over Klari-


 - Jembatan "RAME",perbatasan Karawang-Bekasi -

Sampe Tambun,G sms ke Bokap bwt 'nebeng pulang' d pekayon. Pas di PJL Bulak Kapal,ibu2 ny nanya 'turun di bekasi?' gr2 liat G udah berenti moto2 ny,tapi malah megang tas. G bilang aj iya. Pas Mw masuk PJL Proyek,G pamit sm itu ibu2+kakak adik dan mas2 nya. Tapi sayang,G kalah start sm 2 penumpang lain. Jadi G ga bisa bediri di pintu keluar sepanjang Proyek-Jembatan CBL-St,Bekasi. Ya udah,begitu G turun lgsg tancep ke depan Loko buat foto lagi..




bis itu pulang dh..sempet liat ada Argo Sindoro LS di Bekasi,cm G udah capek bgt,jd ga sempet moto.

Puas bgt G ne hari..proyek 'pencucian otak' G yg udah jenuh sm kuliah+kegiatan kampus+"Keluarga" bukan di rumah sukses..!!

No comments:

Post a Comment